Respon siswa terhadap penerapan multi metode pembelajaran hubungannya dengan prestasi belajar kognitif mereka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi

Khairunnisa, Ririn (2022) Respon siswa terhadap penerapan multi metode pembelajaran hubungannya dengan prestasi belajar kognitif mereka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran menggunakan multi metode. Pembelajaran dengan menggunakan multi metode ini dapat memberikan respon positif terlihat dengan antusias siswa ketika mengikuti pelajaran. Akan tetapi di sisi lain, terlihat bahwa respon siswa terhadap penerapan multi metode kurang. Artinya, dalam mengikuti proses belajar mengajar, masih ada siswa yang acuh tak acuh, lesu dan tidak bergairah dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara respon siswa terhadap penerapan multi metode pembelajaram dengan prestasi belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Respon siswa terhadap penerapan multi metode pembelajaran, 2) Prestasi belajar kognitif siswa, 3) Hubungan antara respon siswa terhadap penerapan multi metode pembelajaran dengan prestasi belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMPN 2 Cielunyi. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di antaranya dipengaruhi oleh respon siswa terhadap penerapan multi metode. Adapun hipotesisnya yaitu semakin positif dan signifikan respon siswa terhadap penerapan multi metode maka semakin tinggi prestasi belajar kognitif mereka, semakin rendah respon siswa terhadap penerapan multi metode maka semakin rendah pula prestasi belajar kognitif mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Adapun Teknis analisis datanya yaitu: Analisis parsial, dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) realistis respon siswa terhadap penerapan multi metode berkategori tinggi yaitu 4,1 yang berada pada interval 3,50-4,50. 2) prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 78 yang berada pada interval 70-79. 3) Hubungan antara respon siswa terhadap penerapan multi metode dengan prestasi belajar kognitif siswa mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam berkategori sedang dengan korelasi 0,474. Begitupun dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Thitung sebesar 2,951 dengan derajat kebebasan 30 taraf signifikansi 5% diperoleh Ttabel sebesar 1,697 ini menandakan bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel, maka (H0) ditolak dan (Ha) diterima, oleh karena itu terdapat hubungan antara respon siswa terhadap penerapan multi metode dengan prestasi belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respon Siswa; Multi Metode; Prestasi Belajar Kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ririn Khairunnisa
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:38
Last Modified: 15 Jul 2022 08:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53355

Actions (login required)

View Item View Item