Penerapan model action learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor

Furqoniyyah, Arifah (2022) Penerapan model action learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pendidikan abad 21 menerapkan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik yang mampu menggiring peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model Action Learning dan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model Action Learning. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design, yang dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa adanya kelas pembanding dengan design one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA MA Nazwa yang berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model Action Learning berlangsung sangat baik dengan persentase keterlaksanaan rata-rata aktivitas guru sebesar 97% dan peserta didik sebesar 96%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 10,40 dan nilai t_tabel sebesar 2,045 (t_hitung>t_tabel ) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah diterapkannya model Action Learning dengan nilai N-gain sebesar 0,71 pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Action Learning; Berpikir Kritis; Suhu dan Kalor
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Arifah Furqoniyyah
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:59
Last Modified: 15 Jul 2022 08:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53338

Actions (login required)

View Item View Item