Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Equity (ROE) PT Bank Mega Syariah periode 2011-2020

Febriana, Moh Fitra (2022) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Equity (ROE) PT Bank Mega Syariah periode 2011-2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Return On Equity (ROE) merupakan rasio profitabilitas yang menggambarkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan melalui penggunaan modal sendiri. Naik turunnya tingkat profitabilitas suatu perusahaan dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan untuk menanggung semua risiko dari setiap aset produktif dan meminjamkan dana kepada pihak ketiga. Oleh karena itu, Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) dianggap sebagai variabel yang dapat mempengaruhi Return On Equity (ROE). Hal ini semakin dikuatkan oleh teori bahwa jika semakin tinggi Capital Adequacy Ratio (CAR), maka Return On Equity (ROE) akan semakin baik, begitupun jika semakin tinggi Financing to Deposit Ratio (FDR), maka Return On Equity (ROE) akan semakin baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Mega Syariah periode 2011-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi sederhana, regresi berganda, korelasi, korelasi berganda, determinasi, uji t dan uji f. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.megasyariah.co.id. Hasil penelitian menunjukan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai koefisien determinasi 0,369 atau 36,9%. Sama halnya Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,008 atau 0,8%. Adapun secara simultan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai sebesar 0,410 atau 41%. Berdasarkan hasil tersebut, maka sisanya yang memberikan kontribusi sebesar 59% terhadap Return On Equity (ROE) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Financing to Deposit Ratio (FDR); Return On Equity (ROE)
Subjects: Financial Economics, Finance
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Moh Ftira Febriana
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:55
Last Modified: 15 Jul 2022 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53333

Actions (login required)

View Item View Item