Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Indofarma Tbk. periode 2011-2021

Nursoliha, Ainun (2022) Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Indofarma Tbk. periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Return On Equity (ROE) merupakan rasio yang digunakan untuk menunjukan keefisiensian penggunaan modal sendiri. Semakin tinggi Return On Equity (ROE) maka semakin baik kinerja keuangan suatu perusahaan dan penggunaan modal sendiri suatu perusahaan. Faktor yang mempengaruhi Return On Equity (ROE) adalah Working Capital Turnover (WCTO) dan Net Profit Margin (NPM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE) baik secara parsial maupun simultan pada PT. Indofarma Tbk. Periode 2011-2021. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada teori menurut para ahli maupun menurut peneliti terdahulu yang menyatakan bahwa Working Capital Turnover (WCTO) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE), artinya jika Working Capital Turnover (WCTO) naik maka Return On Equity (ROE) ikut naik begitu puula sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data penelitian yang digunakan adalah jenis data kuantitatif dengan menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan (Annual Report) yang dipublikasi pada website resmi PT. Indofarma periode 2011-2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskesatisitas dan uji autokorelasi. Lalu analisis kuantitatif meliputi analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (Uji T dan Uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Working Capital Turnover (WCTO) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) yang dibuktikan dari besar nilai koefisien determinasi sebesar 16%. Pada variabel Net Profit Margin (NPM) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) yang dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 57,3%. Kemudian secara simultan, Working Capital Turnover (WCTO) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan yang dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 57,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Working Capital Turnover (WCTO); Net Profit Margin (NPM); Return On Equity (ROE)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ainun Nursoliha
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:57
Last Modified: 15 Jul 2022 03:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53327

Actions (login required)

View Item View Item