Manajemen Profesionalisasi Guru di Sekolah (Penelitian di SMP Nurul Qomar Cisayong Kabupaten Tasikmalaya)

M. Sihabudin A, M. Sihabudin A (1210201071) (2014) Manajemen Profesionalisasi Guru di Sekolah (Penelitian di SMP Nurul Qomar Cisayong Kabupaten Tasikmalaya). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Dalam Undang-undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen disebutkan bahwasannya ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Kompetensi profesional menjadi kompetensi yang menjadi perhatian bagi lembaga pendidikan karena kompetensi yang lainnya lebih bersifat personal. SMP Nurul Qomar-Cisayong Kab. Tasikmalaya merupakan salah satu sekolah yang menerapkan proses peningkatan profesionalitas Guru di sekolah. Hal ini tentu menjadi perhatian yang sangat penting karena tidak semua sekolah memberikan perhatian pada konteks ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar alamiah, kondisi guru, Perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan peningkatan profesioalitas guru, hasil yang di capai serta faktor penunjang dan penghambatnya. Manajemen merupakan suatu proses atau kerangka kerja yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam suatu organisasi yang nyata untuk mencapai tujuan secara optimal. Maka dalam hal peningkatan profesionalitas guru perlu adanya menejemen untuk kemudian dijadikan landasan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi proses peningkatan profesionalitas guru untuk pencapaian tujuan secara optimal serta mewujudkan kualitas guru yang lebih baik. Penelitian manajemen profesionalisasi guru di SMP Nurul Qomar-Cisayong menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber-sumber penelitian menggunakan data yang diperoleh dari lapangan baik berupa pengamatan langsung, wawancara, dan pengumpulan dokumen di lokasi penelitian. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada dan diperlukan dari berbagai sumber melalui utinisasi data, katagorisasi data, dan penafsiran data kemudian dilakukan uji absah data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa SMP Nurul Qomar-Cisayong secara latar alamiah merupakan pengajian kecil yang kemudian membangun akses pendidikan yang lebih luas dan mudah dijangkau oleh anak-anak di desa sekitar. Guru yang ikut serta dalam proses pendidikan rata-rata telah berpengalaman dalam mengajar lulusan jenjang S-1. Manajemen profesionalisasi guru terus dilakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru di sekolah sehingga menunjang terhadap pencapaian visi dan misi sekolah. Faktor penunjang sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru diantaranya: Guru yang notabene mempunyai pengalaman mengajar di sekolah-sekolah lain, sekolah yang terletak di lingkungan pedesaan yang ramah serta masih kental dengan suasana gotong royong, kepala sekolah yang visioner dan keselarasan keinginan serta tujuan antara yayasan, pihak sekolah dan masyarakat. sedangkan faktor penghambat yang dihadapai oleh SMP Nurul Qomar bersifat teknis, human error dan kendala non teknis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen, profesionalisasi, guru, sekolah
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 04:01
Last Modified: 14 Mar 2016 08:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item