Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Aneka Tambang Tbk. Periode 2012-2021.

Alfia, Rahmi Yazmin Nur (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Aneka Tambang Tbk. Periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftapustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pertumbuhan ekonomi dari kegiatan bisnis dan adanya persaingan antar perusahaan. Kualitas kinerja perusahaan dilihat dari laporan keuangan salah satunya Net Profit Margin yaitu kemampuan perusahaan untuk mengetahui keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan. Faktor yang mempengaruhi Net Profit Margin adalah Current Ratio dan Debt to Asset Ratio. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa besarnya pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Net Profit Margin, berapa besar pengaruh Debt to Asset Ratio secara parsial terhadap Net Profit Margin, dan seberapa besar pengaruh Current Ratio dan Debt to Asset Ratio secara simultan terhadap Net Profit Margin pada PT. Aneka Tambang Tbk. periode 2012-2021. Teori yang digunakan dalam penelitian ini digambar dalam kerangka berpikir yang menjelaskan terdapat hubungan antara Current Ratio dan Debt to Asset Ratio terhadap Net Profit Margin. Apabila Current Ratio mengalami kenaikan maka Net Profit Margin akan mengalami penurunan, begitu pula sebaliknya dan apabila Debt to Asset Ratio mengalami kenaikan maka Net Profit Margin akan mengalami penurunan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data yang diambil dari laporan keuangan PT. Aneka Tambang Tbk periode 2012-2021. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Current Ratio tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Net Profit Margin karna menghasilkan nilai thitung < ttabel yaitu 0,359 < 2,306 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Secara parsial Debt to Asset Ratio juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Net Profit Margin karna nilai thitung < ttabel yaitu -2,532 < 2,306. Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dan secara simultan pengaruh Current Ratio dan Debt to Asset Ratio juga tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin ditunjukkan oleh nilai uji F dengan hasil Fhitung < Ftabel yaitu 3,167 < 4,74, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Asset Ratio; Net Profit Margin
Subjects: Financial Economics, Finance
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rahmi Yazmin
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:27
Last Modified: 15 Jul 2022 03:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53298

Actions (login required)

View Item View Item