Respon siswa terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan keagamaan anak dan hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI di sekolah: Penelitian korelasi terhadap siswa kelas IX SMP Pasundan 3 Kota Bandung

Rahmawati, Nurul (2022) Respon siswa terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan keagamaan anak dan hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI di sekolah: Penelitian korelasi terhadap siswa kelas IX SMP Pasundan 3 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (2).pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dilapangan berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan yakni kurangnya keterlibatan orang tua dalam Pendidikan anaknya dirumah, khususnya Pendidikan Keagamaan. Orang tua kurang memperhatikan Pendidikan anak, baik dari segi perhatian, fasilitas dan lain-lain sehingga dari permasalahan tersebut memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa disekolah khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Respon siswa terhadap keterlibatan orang tua dalam Pendidikan keagamaan anak pada siswa kelas XI di SMP Pasundan 3 Bandung. (2) Hasil belajar kognitif siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI di SMP Pasundan 3 Bandung. (3) Hubungan antara respon siswa terhadap keterlibatan orang tua dalam Pendidikan keagamaan anak dengan hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMP Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya dipengaruhi oleh keterlibatan orang tua mereka dalam Pendidikan keagamaan dirumah. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin positif respon siswa terhadap keterlibatan orang tua dalam Pendidikan keagamaan, maka akan semakin baik hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mereka disekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Pasundan 3 Bandung dengan respondennya ialah siswa kelas IX. Teknik pengumpulan datanya ialah angket yang dilengkapi dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu analisis korelasioanal. Hasil penelitian menunjukan: (1) Respon siswa terhadap keterlibatan orang tua dalam Pendidikan keagamaan anak, termasuk kepada kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan pada hasil rata-rata seluruh indikator variabel X ialah sebesar 3,26 yang berada pada interval 2,50-3,50 dan berdistribusi normal. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI berkategori baik dengan nilai rata-rata 72,02 yang berada pada rentang interval 70-79. dan berdistribusi normal (3) Hubungan respon siswa terhadap keterlibatan orang tua dalam Pendidikan keagamaan anak (variabel X) dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI (variabel Y) berkategori sedang dengan besar koefisien korelasinya 0,46 yang berada pada interval 0,41-0,60. Hipotesisnya diterima, berdasarkan pada Thitung (=3,906) > Ttabel (=2,008). Artinya, semakin positif respon siswa terhadap keterlibatan orang tua dalam Pendidikan keagamaan anak, maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI mereka disekolah. Adapun derajat pengaruh variabel 1 terhadap variabel 2 sebesar 20,8%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respon Siswa; Keterlibatan Orang Tua; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Rahmawati
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:50
Last Modified: 15 Jul 2022 03:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53273

Actions (login required)

View Item View Item