Penerapan metode make a match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar: Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas VII SMP PGRI Rancaekek Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Suryana, Nida Nurjihan (2022) Penerapan metode make a match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar: Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas VII SMP PGRI Rancaekek Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 pada dua tahun kebelakang yang menyebabkan seluruh sekolah diwajibkan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah. Sekolah menggunakan metode daring (dalam jaringan) yang membutuhkan media smartphone dan internet. Para peserta didik melaksanakan kegiatan belajar menggunakan google classroom, google meet, zoom, whatsapp. Selama dua tahun para peserta didik sudah terbiasa belajar menggunakan smartphone sehingga pada saat mulai kembali belajar di dalam kelas mereka harus beradaptasi dengan lingkungan di sekolah dan dengan metode belajarnya. Hal inilah yang membuat para peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah. Faktor lain yang menyebabkan motivasi belajar mereka rendah adalah metode yang digunakan oleh guru kurang bervariasi atau monoton hal ini menyebabkan para peserta didik merasa jenuh dan bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui penerapan metode make a match pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP PGRI Rancaekek.2) Untuk mengetahui sejauh mana tingkat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP PGRI Rancaekek. 3) Untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP PGRI Rancaekek setelah penerapan metode make a match. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa terdapat pengaruh antara penerapan metode make a match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah keduanya mempunyai pengaruh antara satu dengan yang lain. Suatu hipotesis menyatkan “ metode make a match berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar PAI siswa kelas VII (X mempunyai pengaruh terhadap Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan tes (pretest dan posttest). Sedangakan untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Penerapan metode make a match pada mata pelajaran PAI pada kelas VII di SMP PGRI Rancaekek berjalan dengan lancar. Peneliti menerapkan metode make a match di kelas VII C sebagai kelas ekperimen, sedangkan kelas VII A berperan sebagai kelas kontrol. 2) Motivasi belajar siswa kelas kontrol sebesar 75% dan kelas eksperimen sebesar 78,8% artinya kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi. 3) Penerapan metode make a match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP PGRI Rancaekek menyatakan adanya peningkatan motivasi belajar yang sedang dan dinyatakan cukup efektif sebesar 58%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Make a Match; Pendidikan Agama Islam; Motivasi Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nida Nurjihan Suryana
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:09
Last Modified: 14 Jul 2022 08:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53272

Actions (login required)

View Item View Item