Persepsi siswa tentang penggunaan metode demonstrasi hubungannya dengan kualitas pembelajaran Pendididikan Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas IX SMPN 3 Pusakanagara

Shafira, Nissa (2022) Persepsi siswa tentang penggunaan metode demonstrasi hubungannya dengan kualitas pembelajaran Pendididikan Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas IX SMPN 3 Pusakanagara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunya kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga menyebabkan hasil belajar yang tidak sesuai dengan ketentuan sekolah yang berlaku. Maka sekolah mengusahakan berbagai macam cara demi meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada, salah satunya yaitu dengan menghimbau para pendidik untuk mengganti dan memvariasi metode pembelajaran dapat sesuai dan disukai oleh para peserta didik. Metode demonstrasi termasuk kedalam salah satu metode alternatif yang digunakan oleh sekolah sebagai metode yang mudah dilakukan baik para pendidik maupun peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Pusakanagara Kabupaten Subang. 2) Mengetahui Penggunaan Metode Demonstrasi di SMPN 3 Pusakanagara Kabupaten Subang. 3) Mengetahui persepsi siswa kelas IX tentang penggunaan metode demonstrasi hubungannya dengan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Pusakanagara Kabupaten Subang. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang metode demonstrasi dengan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dimana siswa merupakan peran penting dalam penggunaan sistem pembelajaran demi mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah adanya keterkaitan antara dua variabel. Maka hipotesis yang dapat diambil yaitu, semakin tinggi persepsi siswa tentang metode demonstrasi maka semakin tinggi pula kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan angket. Maka analisis yang dilakukan yaitu pendekatan statistik yang tergolong menjadi analisis parsial, uji normalitas dan uji korelasi. Data angket yang digunakan untuk menjadi data yang akan diolah sehingga dapat menghasilkan dugaan yang sesuai dengan realitanya. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan diantara kedua variabel, yakni variabel X (persepsi siswa tentang metode demonstrasi) dan variabel Y (kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam) dengan derajat pengaruhnya sebesar 16% yang artinya bahwa ada 84% faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaranPendidikan Agama Islam di SMPN 3 Pusakanagara Kabupaten Subang selain persepsi siswa tentang penggunaan metode demonstrasi yang telah diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Metode Demonstrasi; Kualitas Pembelajaran; Siswa
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Nissa Shafira
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:17
Last Modified: 14 Jul 2022 08:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53242

Actions (login required)

View Item View Item