Manajemen kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Holis Bandung

Delina, Intan (2013) Manajemen kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Holis Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Salah satu sumber daya manusia yang memiliki peran dominan dalam pengelolaan pendidikan di sekolah adalah pimpinan yang dikenal dengan sebutan kepala sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab melakukan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran. Keadaan tersebut dilandasi oleh anggapan bahwa tujuan utama penyelenggaraan pendidikan melalui sekolah adalah tercapainya lingkungan yang kondusif, sehingga proses belajar mengajar dapat tercapai secara efektif. Peran pokok pimpinan sekolah terletak pada kesanggupannya mempengaruhi lingkungan sekolah melalui penerapan proses kepemimpinan yang dinamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdirinya pendidikan Islam MTs Al-Islam Holis Bandung, konsep manajemen kepemimpinan kepala madrasah, perencanaan manajemen kepemimpinan kepala madrasah, pengorganisasian manajemen kepemimpinan kepala madrasah, pengawasan manajemen kepemimpinan kepala madrasah, faktor penunjang dan pengahambat pelaksanaan kepemimpinan sehingga diketahui pula keberhasilan yang telah dicapai dari pelaksanaan kepemimpinan pendidikan Islam di MTs Al-Islam Holis Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian untuk memecahkan masalah-masalah yang aktual. Pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi / menyalin. Manajemen yang dilakukan kepala madrasah MTs Al Islam Holis Bandung berupaya menerapkan MBS yang adanya kesinambungan antara pelaksanaan manajemen kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas sekolah yang dipimpinnya dengan program yang dilakukan yaitu meningkatkan kemampuan personil sekolah dalam pengelolaan sumberdaya dan penyusunan program, mendorong partisipasi masyarakat yang lebih besar untuk mendukung pendidikan di sekolah, mendorong pemanfatan anggaran sekolah sesuai kebutuhan sekolah. konsep yang diterapkan dengan menempuh empat tahap, yaitu: perencanaan, pengorganisasaian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dari hasil penelitian dan data yang didapatkan dari pelaksanaan manajemen kepemimpinan kepala madrasah Al-Islam Holis Bandung bahwa keberhasilan penyelenggaraan pendidikan MTs Al Islam Holis Bandung prestasi sekolah khususnya prestasi peserta didik menunjukan pencapaian yang tinggi yaitu nilai rapor dan nilai kelulusan memenuhi standar yang ditentukan yang didukung oleh sistem manajemen kepemimpinan kepala madrasah Al Islam Holis Bandung. Dalam pelaksanaan manajemen kepemimpinan MTs Al Islam tidak terlepas dari faktor penunjang dan penghambat, untuk mengantisifasi faktor penghambat diperlukan upaya-upaya untuk mengatasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen; kepemimpinan; kepala madrasah;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Social Process > Leadership
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 03:53
Last Modified: 14 Aug 2019 02:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item