Pengelolaan media sosial dalam penyebaran informasi sebagai bentuk kegiatan online public relations: Studi deskriptif pada media sosial kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabean Cikarang

Adiatama, Bagas (2022) Pengelolaan media sosial dalam penyebaran informasi sebagai bentuk kegiatan online public relations: Studi deskriptif pada media sosial kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabean Cikarang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penyebaran informasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang humas didalam suatu lembaga, dengan perkembangan teknologi komunikasi saat ini, penyebaran informasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan media internet. Kegiatan humas dengan pemanfaatan media internet disebut sebagai online public relations. Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Cikarang melakukan penyebaran informasi dengan memanfaatkan media sosial instagram dan youtube untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan publik sasarannya, hal ini juga menunjukan bahwa humas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Cikarang dalam menjalankan tugas dan fungsinya dapat mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan media sosial dalam penyebaran informasi sebagai bentuk kegiatan online public relations dengan mengacu pada konsep four steps public relations yang dikemukakan oleh Cutlip, Center dan Broom yaitu mendefinisikan masalah PR (defining public relations problems), perencanaan dan pemrograman (planning and programming), mengambil tindakan dan berkomunikasi (taking action and commucicating), dan mengevaluasi program (evaluating the program). Penelitian ini dilakukan menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan media sosial dalam penyebaran informasi yang dilakukan humas KPPBC TMP Cikarang sudah sesuai dengan konsep four steps public relations yaitu pertama, tahap defining public relations problems dilakukan melalui analisis situasi, analisis pemilihan media dan analisis target sasaran. Kedua, tahap planning and programming dilakukan dengan menetapkan tujuan, membuat content plan, memilih konten, dan menetapkan sumber daya. Ketiga, tahap taking action and commucicating dilakukan melalui diskusi, penyebaran informasi dan respon cepat. Keempat, tahap evaluating the program meliputi monitoring, melihat respon publik, mendengarkan saran dari atasan dan rapat internal. Information dissemination is an activity carried out by a publicist in an institution, with the development of communication technology today, information dissemination can be done by utilizing internet media. Public relations activities with the use of internet media are referred to as online public relations. The Cikarang Customs And Excise Supervision and Service Office of the Intermediate Type of Customs disseminates information by utilizing social media Instagram and YouTube to meet the needs and provide convenience in obtaining the information needed by the target public, this also shows that the public relations of the Cikarang Customs Supervision and Service Office in carrying out its duties and functions can keep up with the times. This study aims to determine the management of social media in disseminating information as a form of online public relations activities by referring to the four-step concept of public relations proposed by Cutlip, Center and Broom, namely defining PR problems (defining public relations problems), planning and programming (planning and programming), taking actions and communicating (taking action and commucicating), and evaluating programs (evaluating the program). This research was conducted using the constructivism paradigm with a qualitative approach. The research method used is descriptive with data collection techniques through observation and interviews. Based on the results of the study, it can be concluded that the management of social media in the dissemination of information carried out by the public relations of KPPBC TMP Cikarang is in accordance with the concept of four steps of public relations, namely first, the defining stage of public relations problems is carried out through situation analysis, media selection analysis and target target analysis. Second, the planning and programming stage is carried out by setting goals, creating content plans, choosing content, and assigning resources. Third, the stage of taking action and commucicating is carried out through discussion, dissemination of information and rapid response. Fourth, the evaluating stage of the program includes monitoring, seeing public responses, listening to suggestions from superiors and internal meetings.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan media sosial; penyebaran informasi: online public relations
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Bagas Adiatama
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:24
Last Modified: 14 Jul 2022 03:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53198

Actions (login required)

View Item View Item