Analisis pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Beban Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Asset (ROA) : Studi pada PT Bank Panin Dubai Syariah Pusat periode 2010-2020

Filah, Zahidah (2022) Analisis pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Beban Operasional per Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Asset (ROA) : Studi pada PT Bank Panin Dubai Syariah Pusat periode 2010-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Retun On Asset merupakan rasio yang digunakan dalam menentukan kinerja suatu badan usaha dalam memperoleh keuntungan setelah pajak dilihat dari total aset yang dimiliki oleh suatu badan usaha. Profitabilitas adalah salah satu parameter yang digunakan dalam mengukur kinerja perusahaan dalam mengelola asetnya. Tingkat rasio Return On Asset yang tinggi menandakan perusahaan tersebut dalam kondisi baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan melakukan analisis secara parsial antara pengaruh Financing To Deposit Ratio dan Beban Operasional per Pendapatan Operasional terhadap Return On Asset pada PT. Bank Panin Dubai syariah Pusat, dan untuk mengetahui analisis secara simultan antara Financing to Deposit Ratio dan Beban Operasional per Pendapatan Operasional terhadap Return On Asset pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Pusat. Penelitian ini mengacu pada salah satu teori menyatakan bahwa Financing To Deposit Ratio dan Beban Operasional per Pendapatan Operasional dapat menggambarkan indeks dalam menaikkan Return On Asset. Teori menyatakan bahwa ketika financing to deposit ratio mengalami kenaikan begitupun Return On Asset juga akan naik, namun ketika Beban Operasional per Pendapatan Operasional dalam keadaan naik maka Return On Asset akan berada dalam posisi turun. Teknik yang peneliti gunakan pada penelitian ini yakni analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh yakni data sekunder berupa annual report atau laporan tahunan yang telah dipublikasi pada web resmi PT. Bank Panin Dubai syariah periode 2010-2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda, Korelasi parsial dan berganda, Koefisien Determinasi juga analisis uji hipotesis yakni uji t dan uji f. Hasil penelitian membuktikan bahwa financing to deposit ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset dengan perolehan nilai koefisien determinasi sebesar 13,3%. Beban Operasional per Pendapatan Operasional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset dengan nilai koefisien deteminasi sebesar 88,2%. Kemudian secara simultan financing to deposit ratio dan Beban Operasional per Pendapatan Operasional berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset yang perolehan angka koefisien determinasinya sebesar 89,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financing To Deposit Ratio; Beban Operasional Per Pendapatan Operasional; Return On Asset
Subjects: Econmics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Accounting > Financial Reporting
General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Zahidah Filah
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:15
Last Modified: 29 Jul 2022 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53158

Actions (login required)

View Item View Item