Hubungan kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi afektif mereka mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti : Penelitian kolerasi terhadap siswa kelas XI SMAN 1 Ciwidey Kabupaten Bandung

Novianti, Putri (2022) Hubungan kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi afektif mereka mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti : Penelitian kolerasi terhadap siswa kelas XI SMAN 1 Ciwidey Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa SMAN 1 Ciwidey merupakan sekolah favorit dan sekolah negeri satu-satunya pada jenjang menengah atas di tiga kecamatan. Prestasi belajar siswa tergolong baik, termasuk prestasi afektif. Namun disamping itu, masih ditemukan sebagian siswa yang melanggar tata tertib yang telah ditetapkan Persoalannya, mengapa hal itu terjadi? Bagaimana realitas kedisiplinan belajar siswa? Bagaimana realitas prestasi afektif siswa? Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui: (1) realitas kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Ciwidey kabupaten Bandung; (2) realitas prestasi afektif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 Ciwidey kabupaten Bandung; dan (3) hubungan antara keduanya. Diasumsikan bahwa prestasi afektif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti berkaitan dengan kedisiplinan belajar mereka di sekolah. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa, maka semakin baik pula prestasi afektif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi yang berlokasi di SMAN 1 Ciwidey pada kelas XI. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dan dilengkapi oleh observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Realitas kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Ciwidey termasuk pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh rata- rata seluruh indikator variabel X sebesar 4,33 (interval 3,50-4,50). (2) Realitas prestasi afektif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 Ciwidey termasuk pada kategori positif. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata seluruh indikator variabel Y sebesar 4,08 (interval 3,50-4,50). (3) Hubungan antara kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi afektif mereka mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti: (a) Koefisien korelasinya termasuk kategori cukup, berdasarkan perhitungan analisisnya mencapai angka 0,43 (interval 0,40-0,60); (b) Hipotesisnya diterima, berdasarkan perhitungan yakni thitung (=3,92) > ttabel (1,67). Artinya, semakin tinngi kedisiplinaan belajar siswa, maka semakin baik pula prestasi afektif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti; (c) Hasil analisis kadar pengaruh korelasinya diperoleh hasil 9% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi afektif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 Ciwidey.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar Siswa ; Prestasi Afektif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 13 Jul 2022 05:21
Last Modified: 13 Jul 2022 05:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53117

Actions (login required)

View Item View Item