Analisis penerapan PSAK No. 101 tentang penyajian laporan keuangan syariah pada Koperasi Syariah Baitul Muttaqin Kota Bandung

Herawati, Alisha (2022) Analisis penerapan PSAK No. 101 tentang penyajian laporan keuangan syariah pada Koperasi Syariah Baitul Muttaqin Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Koperasi Syariah Baitul Muttaqin yang dilatar belakangi oleh penerapan PSAK 101 yang masih belum maksimal. Laporan keuangan yang disajikan masih terdapat ketidaksesuaian, seperti tidak adanya Dana Syirkah Temporer pada laporan posisi keuangan yang merupakan ciri dari laporan keuangan entitas syariah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1) penyajian laporan keuangan Koperasi Syariah Baitul Muttaqin, dan 2) kesesuaian penyajian laporan keuangan Koperasi Syariah Baitul Muttaqin berdasarkan PSAK 101. Berdasarkan PSAK 101 laporan keuangan yang harus disajikan oleh entitas syariah ada 7 komponen laporan keuangan, diantaranya laporan posisi keuangan, laporan laba rugi dan komprehensif lain, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, laporan sumber dan penyaluran dana zakat, laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan, dan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulisasi yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumen teks. Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penyajian laporan keuangan dilakukan setiap periode secara manual menggunakan Microsoft Excel dengan membuat laporan neraca dan laporan Perhitungan Hasil Usaha (PHU). 2) Penyajian laporan keuangan Koperasi Syariah Baitul Muttaqin belum sesuai dengan pedoman penyajian laporan keuangan syariah PSAK 101, karena dari 7 komponen laporan keuangan Koperasi Syariah Baitul Muttaqin baru menyajikan 2 komponen laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSAK No. 101; Laporan Keuangan Syariah; Koperasi Syariah
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Alisha Herawati
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:28
Last Modified: 13 Jul 2022 06:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53108

Actions (login required)

View Item View Item