Pengembangan ekonomi kreatif desa wisata berbasis pemberdayaan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat: Studi deskriptif di Desa Wisata Kampung Patin Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar

Pratiwi, Nining Ayu (2022) Pengembangan ekonomi kreatif desa wisata berbasis pemberdayaan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat: Studi deskriptif di Desa Wisata Kampung Patin Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Perekonomian erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat sehingga penting untuk diperhatikan. Sumber daya yang melimpah adalah salah satu modal dalam kegiatan perekonomian dengan pemanfaatan yang baik. Desa Wisata Koto Mesjid yang memiliki modal tersebut tidak dapat memanfaatkan serta menjadi salah satu desa yang tertinggal. Menanggulangi permasalahan tersebut dikembangkanlah ekonomi kreatif yang diharapkan dapat memberikan perubahan pada kehidupan masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Desa Wisata Koto Mesjid. Kemudian untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan untuk mengetahui bagaimana dampak dari kegiatan ekonomi kreatif pada perekonomian masyarakat. Penelitian ini menggunakan konsep ekonomi kreatif yang diperkenalkan oleh John Howkins yang mengatakan bahwa sistem ekonomi dapat lebih bernilai jika di dalamnya terdapat kreativitas. Kreatifitas yang ditanamkan dalam pengelolaan sumber daya dapat menjadikan masyarakat lebih maju dan mampu menopang kehidupan perekonomiannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan teknik gabungan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah upaya pengembangan ekonomi kreatif dengan dilakukannya kegiatan budidaya ikan patin, pengolahan hasil budidaya dan dibangun sebuah rumah kreatif sebagai tempat memproduksi produk kreatif berbahan baku selain hasil budidaya. Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan yaitu pemilihan dan pengembangan, pembekalan dan pengarahan, pembinaan dan monitoring dan evaluasi. Dampak pengembangan ekonomi kreatif ialah adanya peningkatan pendapatan, kurangnya angka pengangguran, dan terbukanya lapangan pekerjaan. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan ekonomi kreatif ini berhasil dilakukan untuk menanggulangi permaslahan perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif; Pemberdayaan; Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Industries
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nining Nining ayu pratiwi
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:01
Last Modified: 13 Jul 2022 03:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53060

Actions (login required)

View Item View Item