Pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) dan Debt to Assets Ratio (DAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : PT. Mandom Indonesia Tbk. periode 2011-2021

Agfiansya, Muhammmad Ridho (2022) Pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) dan Debt to Assets Ratio (DAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : PT. Mandom Indonesia Tbk. periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ekonomi membuat transaksi ekonomi dapat dilakuan dengan berbagai cara salah satu nya berinvestasi. Melalui laporan keuangan investor dapat mengetahui seberapa efektif perusahaan dalam memperoleh laba dari aktivitas yang digunakan dalam bentuk Retur On Asset (ROA) yang sejalan dengan peningkatan TATO dan DAR. namun pada perusahaan PT. Mandom Indonesia Tbk, TATO dan DAR Naik tidak diikuti dengan kenaikan ROA. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh (TATO) terhadap (ROA) pada PT. Mandom Indonesia Tbk secara parsial, untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Debt To Asset Rasio (DAR) terhadap (ROA) PT. Mandom Indonesia Tbk secara parsial, mengetahui dan menganalisa pengaruh (TATO) dan Debt To Asset Rasio (DAR) terhadap (ROA) PT. Mandom Indonesia Tbk secara simultan. Kerangka pemikiran dalam teori ini berdasarkan teori menurut para ahli terdahulu, yang menyatakan bahwa Total Asset Turnover dan Debt To Asset Rasio pada Return On Asset berpengaruh positif, artinya jika TATO atau DAR naik maka ROA naik begitupu sebaliknya. Pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder dari laporan tahunan 2011-2020 Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (linier,berganda), analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis (uji t dan uji f). Pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 26 sebagai penunjang awal pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara parsial, Total Asset Turnover (X1) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Asset (Y) dengan persamaan regresi Y = -2,453 + 0,105X Maka nilai koefisien determinasi sebesar 9,6.% Secara parsial, Debt To Asset Rasio (X2) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Asset (Y) dengan persamaan regresi Y= 12,381 - 1,122 X dimana nilai koefisien determinasi sebesar 1,4%. Secara simultan variabel Debt To Asset Rasio (X1) dan Debt To Asset Rasio (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (Y) dengan hasil nilai regresi Y = -0,756 + 0,101X dan determinasi sebesar 10 %. Maka Total Asset Turnover dan Debt To Asset Rasio secara bersamaan memiliki kontribusi terhadap Return On Asset sebesar 1,4% sedangkan sisanya 90 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Debt To Asset Rasio (DAR), Return On Asset (ROA), Total Asset Turnover (TATO)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt To Asset Rasio (DAR); Return On Asset (ROA); Total Asset Turnover (TATO)
Subjects: Econmics
Inventions and Patents
Business
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Ridho Agfiansya
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:25
Last Modified: 12 Jul 2022 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53045

Actions (login required)

View Item View Item