Pengaruh pendapatan distribusi bagi hasil tabungan Mudharabah terhadap laba bersih pada PT. Bank KB Syariah Bukopin periode 2011-2020

Ahlam, Sarah Amirah Fairuz (2022) Pengaruh pendapatan distribusi bagi hasil tabungan Mudharabah terhadap laba bersih pada PT. Bank KB Syariah Bukopin periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelangi oleh adanya hubungan antara pendapatan distribusi bagi hasil tabungan mudharabah dengan laba bersih. Pendapatan distribusi bagi hasil tabungan mudharabah menjadi salah satu pendapatan bagi bank dan apabila terjadi terjadi peningkatan atau penurunan maka akan berpengaruh pada laba bersih. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pertumbuhan pendapatan distribusi bagi hasil tabungan mudharabah pada PT. Bank KB Syariah Bukopin periode 2011-2020, untuk mengetahui pertumbuhan laba bersih pada PT. Bank KB Syariah Bukopin 2011-2020, dan untuk mengetahui pengaruh pendapatan distribusi bagi hasil tabungan mudharabah terhadap laba bersih pada PT. Bank KB Syariah Bukopin periode 2011-2020. Mudharabah mutlaqah adalah tabungan dalam akad mudharabah dimana dana yang disimpan pada bank yang merupakan investasi dengan jangka waktu yang disepakati antara kedua pihak. Laba bersih ialah laba hasil dari pengurangan dengan biaya dari beban suatu perusahaan dalam periode tertentu. Dalam hal ini ada beberapa faktor yang memengaruhi seperti beban, pendapatan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekataan kuantitarif. Alat uji yang dipakai yaitu menggunakan analisis deksriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, analisis asosiatif yang terdiri dari analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t. Dalam penelitian ini, variabel bebas yaitu pendapatan distribusi bagi hasil tabungan mudharabah dan variabel terikat yaitu laba bersih. Data yang dipakai pada penelitian merupakan data laporan keuangan triwulan PT. Bank KB Syariah Bukopin periode 2011-2020 yang dipublikasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Pada variabel X yaitu pendapatan distribusi bagi hasil tabungan mudharabah terjadi peningkatan sebanyak 13 kali dalam 10 periode sedangkan terjadi penurunan sebanyak 14 kali dalam 10 periode. 2) Pada variabel Y yaitu laba bersih terjadi peningkatan sebanyak 24 kali dan perununan sebanyak 3 kali dalam 10 periode. 3) Hasil penelitian pendapatan distribusi bagi hasil tabungan mudharabah berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Distribusi Bagi Hasil Tabungan Mudharabah;Laba Bersih
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Sarah Amirah Fairuz Ahlam
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:31
Last Modified: 12 Jul 2022 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52972

Actions (login required)

View Item View Item