Pengaruh etika kerja islam dan lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi : Studi pada Toserba Pajajaran Kota Banjar

Apriatin, Lia (2022) Pengaruh etika kerja islam dan lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi : Studi pada Toserba Pajajaran Kota Banjar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang berada di perusahaan retail bernama Toserba Pajajaran Kota Banjar yang dimana komitmen organisasi karyawan terhadap perusahaannya begitu tinggi selama 3 tahun terakhir, dan perusahaan tersebut sangat terkenal dalam penerapan etika kerja islam-nya yang sudah baik sekali, selain itu Peneliti mendapati adanya sikap positif karyawan terhadap kepuasan kerja dan lingkungan kerja. Hal tersebut sesuai dengan yang dinyatakan oleh Sigit, 2016 dimana komitmen organisasi karyawan dipengaruhi oleh etika kerja islam dan kepuasan kerja karyawan di perusahaan tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis secara langsung dan tidak langsung dari etika kerja islam dan lingkungan kerja sebagai variabel bebas, kepuasan kerja sebagai variabel mediasi terhadap komitmen organisasi sebagai variabel terikat dengan objek Penelitian di Toserba Pajajaran Kota Banjar. Metode Penelitian yang digunakan adalah explanation research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 55 responden. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran angket kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji causal step dan uji sobel dengan bantuan softwere statistik SPSS versi 26. Hasil Penelitian menunjukan bahwa etika kerja islam berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasi dengan t hitung 5,520 dan nilai signifikansi 0,00<0,05. Lingkungan kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasi dengan nilai t hitung 1.496 dan nilai signifikansi 0,141>0,05. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dengan t hitung 2,774 dan nilai signifikansi 0,008<0,05. Etika kerja islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan t hitung 5,067 dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan t hitung 3,713 dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Kepuasan kerja tidak mampu memediasi pengaruh etika kerja islam terhadap komitmen organisasi dengan nilai Z (0,11802592) pada uji sobel lebih besar dari nilai Z mutlak (1,96). Dan kepuasan kerja tidak mampu memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi dengan nilai Z (1,95239881) pada uji sobel lebih besar dari nilai Z mutlak (1,96).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: etika kerja islam; lingkungan kerja; kepuasan kerja; komitmen organisasi
Subjects: Islam > Islam and Economics
Business > Education, Research, Related Topics of Business
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Lia Apriatin
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:31
Last Modified: 12 Jul 2022 02:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52970

Actions (login required)

View Item View Item