Implementasi pendayagunaan dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin : Studi deskriptif di BAZNAS Kabupaten Pangandaran

Fahira, Fanny Ayu (2022) Implementasi pendayagunaan dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin : Studi deskriptif di BAZNAS Kabupaten Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan salah satu instrument Islami yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Selain rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim, Zakat juga merupakan salah satu solusi dalam pengentasan kemiskinan secara produktif, karena zakat mempunyai peranan sangat besar dalam sosial ekonomi masyarakat muslim. Pendayagunaan Zakat yang baik yaitu yang bisa mengentaskan kemiskinan dan bisa mensejahterakan masyarakat miskin. Masyarakat yang mendapatkan bantuan dana zakat bisa mendayagunakan dana zakat tersebut dengan baik, agar kelak mereka dapat mandiri dan bisa mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari sehingga mengganti perannya menjadi muzakki. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teori pendayagunaan yang didalamnya mengungkapkan pendayagunaan dana zakat merupakan pedistribusian dana secara produktif, dan zakat itu bisa dijadikan modal yang akan dikembangkan usahanya sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat miskin tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif serta dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan narasumber yang bersangkutan dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan implementasi pendayagunaan dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin pada BAZNAS Kabupaten Pangandaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendayagunaan dana zakat yang dilakukan BASNAS Kabupaten Pangandaran mempunyai beberapa strategi yang digunakan, diantaranya dengan membuat program pendayagunaan, berkoordinasi dengan masyarakat, Bank BJB Syariah, serta para pejabat daerah. Hambatan yang di hadapi BAZNAS Kabupaten Pangandaran adalah anggaran yang tidak memadai karena BAZNAS Kabupaten Pangandaran merupakan BAZNAS yang anggarannya paling sedikit di Provinsi Jawa Barat sehingga pendayagunaan zakat produktif kurang maksimal. Dari pemaparan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendayagunaan dana zakat yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional sudah menerapkan tugas dan fungsinya dengan baik, meskipun dalam proses pelaksanaannya Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pangandaran mengalami beberapa hambatan baik dari pihak internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendayagunaan; Zakat; Masyarakat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Fanny Ayu Fahira
Date Deposited: 11 Jul 2022 09:43
Last Modified: 11 Jul 2022 09:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52905

Actions (login required)

View Item View Item