Tanggapan siswa terhadap penerapan metode Reward hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung

Inggardini, Juliana Kus (2022) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode Reward hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Cileunyi diperoleh keterangan bahwasanya guru telah menerapkan metode reward akan tetapi banyaknya siswa yang masih pasif dalam pembelajaran. Sebagian siswa bersemangat dan serius dalam pembelajaran. Kurangnya antusias siswa untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru khususnya dalam pelajaran PAI. Peneliti tertarik untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan metode reward hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode reward siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Cileunyi, 2) Mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI, 3) Mengetahui hubungannya antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode reward dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII C di SMP Negeri 1 Cileunyi. Terdapat pada teori yang ada bahwasanya terdapat hubungan antara penerapan metode reward dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Dari teori tersebut diajukanlah hipotesis, terdapat hubungan positif yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode reward dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. 2) Sampel 31 siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Cileunyi. 3) Alat pengumpulan data: angket dan tes. 4) Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika sedangkan kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian diperoleh: 1) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode reward pada mata pelajaran PAI dengan jumlah rata-rata sebesar 3,53 yang berada pada interval 3,40– 4,19. Maka termasuk pada kategori baik. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dengan jumlah rata-rata sebesar 60,32 yang berada pada interval 60 – 79. Maka termasuk pada kategori cukup. 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode reward dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI termasuk pada kategori cukup dengan koefisien korelasi sebesar 0,466 dan kadar pengaruhnya 21,7%. Maka hipotesis diterima bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara varibel X (tanggapan siswa terhadap penerapan metode reward) dengan variabel Y (hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode reward; hasil belajar kognitif
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education > Philosophy and Theory of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Juliana Kus Inggardini
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:47
Last Modified: 11 Jul 2022 02:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52844

Actions (login required)

View Item View Item