Bimbingan individu bagi santri Homesick : Penelitian pada kelas VII Pondok Pesantren modern Asy Syifa, Desa Tambakmekar, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang

Sabila, Elsa (2022) Bimbingan individu bagi santri Homesick : Penelitian pada kelas VII Pondok Pesantren modern Asy Syifa, Desa Tambakmekar, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy

Abstract

Santri tahun pertama yang berada di pondok pesantren mengalami proses transisi dan adaptasi dengan lingkungan yang baru, penyesuaian dengan lingkungan dan rutinitas baru dapat menyebabkan stress bagi siswa yang tinggal di pesantren, termasuk perasaan homesick. Fenomena homesick yang dialami santri di lingkungan pesantren memerlukan adanya rekomendasi penanganan yang dapat dilakukan oleh guru BK/Konselor. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui bimbingan individu untuk menangani santri yang mengalami homesick di pondok pesantren modern Asy Syifa, Untuk mengetahui kondisi santri yang mengalami homesick di pondok pesantren modern Asy Syifa, Untuk mengetahui hasil dari bimbingan individu terhadap santri yang mengalami homesick di pondok pesantren modern Asy Syifa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif. Selanjutnya, Dalam penulisan ilmiah ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dimana dasar penelitian ini adalah fenomena dan realitas yang berkembang dalam kehidupan objek peneliti sesuai dengan hasil di lapangan mengenai bimbingan individu bagi santri homesick di pondok pesantren modern Asy Syifa Subang. Untuk mengatasi permasalahan homesick ini menggunakan metode dan teknik dari layanan bimbingan individu. Guru BK melakukan metode wawancara dan mengobrol dengan santri yang mengalami homesick dan teknik yang digunakan adalah teknik Al-mauidzah Al-hasanah. Proses pelaksanaan bimbingan individu pada santri homesick kelas VII Pondok Pesantren Modern Asy Syifa, meliputi: menentukan terlebih dahulu waktu dan tempat, identifikasi masalah, assessment, treatment, evaluasi dan follow up. Hasil pelaksanaan bimbingan individu pada santri homesick kelas VII Pondok Pesantren Modern Asy Syifa menunjukkan adanya perubahan yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Individu; Santri; Homesick
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Elsa Elsa Sabila Elsa
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:31
Last Modified: 11 Jul 2022 01:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52809

Actions (login required)

View Item View Item