Pemberdayaan ekonomi masyarakat pada objek wisata: Studi deskriptif pada objek wisata Samalengoh Camp Desa Gunturmekar Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang

Yusuf, Zulfikar (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat pada objek wisata: Studi deskriptif pada objek wisata Samalengoh Camp Desa Gunturmekar Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Objek wisata Samalengoh Camp merupakan salah satu wisata yang berada di Kabupaten Sumedang tepatnya yaitu di Desa Gunturmekar Kecamatan Tanjungkerta. Wisata Samalengoh Camp mulai terbentuk karena didasari oleh karang taruna desa yang memiliki keinginan untuk memajukan desa wisata serta melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Bumi perkemahan Samalengoh Camp mulai beroperasi pada tahun 2019 sekaligus dibuka untuk umum. Sejak awal dibukanya wisata Samalengoh Camp langsung ramai oleh para pengunjung yang berkunjung ke wisata ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui program pemberdayaan ekonomi masyarakat pada objek wisata, proses implementasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat di objek wisata dan dampak pengembangan objek wisata Samalengoh Camp terhadap perekonomian masyarakat di Desa Gunturmekar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan dikemukakan oleh Robinson memaknai pemberdayaan sebagai sebuah proses yang dilakukan individu atau kelompok dalam bentuk pengeluaran ide secara bebas, pengembangan potensi diri melalui tindakan sebagai wujud kreativitas yang disalurkan dalam kehidupan bermasyarakat. Jenis metode penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi objek secara alamiah, peneliti berperan sebagai pelaku utama, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif menekankan makna daripada generalisasi. Metode deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data yang sebenarnya. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, program pemberdayaan yang dilakukan berupa pembangunan sarana/prasarana di lingkungan objek wisata. Kedua, implementasi pelaksanaan dari program tersebut salah satunya pembangunan jalan menuju objek wisata. Ketiga, objek wisata Samalengoh Camp berdampak positif pada pemberdayaan ekonomi dapat mengurangi pengangguran ditandai dengan terbukanya lapangan pekerjaan berupa pengelola wisata, penjaga warung, dan pekerja khusus di saat melakukan sebuah pembangunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Objek wisata; Pemberdayaan; Ekonomi Masyarakat;
Subjects: Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Sociology and Anthropology, Society
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zulfikar Yusuf
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:52
Last Modified: 08 Jul 2022 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52734

Actions (login required)

View Item View Item