Partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi melalui objek wisata buatan: Studi deskriptif wisata Taman Limo di Desa Jatiwangi Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi

Rahayuningsih, Rahayuningsih (2022) Partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi melalui objek wisata buatan: Studi deskriptif wisata Taman Limo di Desa Jatiwangi Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan pemberdayaan melalui wisata buatan bernama Taman Limo yang berbasis partisipasi masyarakat lokal merupakan tempat dimana masyarakat atau penduduk lokal berperan penting dalam pengambilan keputusan yang berdampak dan menguntungkan bagi kehidupan dan lingkungannya. Objek Wisata Taman Limo ini berada di wilayah Cikarang Barat merupakan salah satu wisata buatan yang terus memberikan daya tariknya tersendiri melalui inovasi dan ide kreatif masyarakatnya. Kegiatan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat lokal ini dinilai memiliki potensi yang cukup tinggi dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan ekonomi masyarakat Desa Jatiwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi melalui Objek Wisata Taman Limo yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan, dan evaluasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi Cohen dan Uphoff dalam Nasdian (2014:91) yang membagi bentuk partisipasi masyarakat mulai dari tahap pembuatan keputusan, penerapan keputusan, penikmatan hasil, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan purposive sampling dalam pemilihan informan yang terdiri dari masyarakat Desa Jatiwangi, pengelola Wisata Taman Limo, dan Pemerintah Desa Jatiwangi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, partisipasi dalam pengambilan keputusan yaitu masyarakat turut andil dalam kegiatan rapat dan diskusi. Kedua, partisipasi dalam pelaksanaan kegiatan yaitu masyarakat sangat antusias dengan berpartisipasi dalam bentuk tenaga, pikiran, keahlian, dan materi. Ketiga, partisipasi dalam pengambilan manfaat yaitu dapat merubah kondisi kehidupan masyarakat baik dalam aspek sosial, ekonomi, maupun lingkungan. Keempat, partisipasi dalam evaluasi yaitu masyarakat lebih memilih untuk berpartisipasi secara tidak langsung, dengan menyampaikan saran maupun keluhannya kepada perwakilan orang yang dipercaya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keberhasilan suatu program pembangunan tidak hanya ditentukan dari adanya sumber dana keuangan, namun juga perlu adanya partisipasi aktif yang diberikan oleh masyarakat. Sehingga partisipasi masyarakat dalam kegiatan Wisata Taman Limo ini dapat memberikan stimulus yang positif dan mempercepat dalam proses pembangunan Desa Jatiwangi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Masyarakat; Pemberdayaan; Ekonomi; Objek Wisata;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Production, Industrial Economics
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rahayuningsih Rahayuningsih
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:21
Last Modified: 08 Jul 2022 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52733

Actions (login required)

View Item View Item