Pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera: Studi deskriptif di Desa Kedung Pengawas Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi

Nida, Sofwatun (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera: Studi deskriptif di Desa Kedung Pengawas Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera, Kementerian Sosial sebagai salah satu lembaga yang memberikan bantuan Program Keluarga Harapan dengan melalui berbagai Pemerintahan di Indonesia, salah satunya Desa Kedung Pengawas Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, guna mensejahterakan masyarakat dengan memberikan bantuan PKH kepada masyarakat pra sejahtera menjadi lebih berdaya. Hingga saat ini, adanya bantuan PKH memiliki peran yang sangat penting, sehingga secara perlahan penerima manfaat PKH dapat sejahtera dalam memenuhi kebutuhan dasarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Program Keluarga Harapan, proses pemberdayaan, dan hasil dari Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera yang ada di Desa Kedung Pengawas Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Teori yang dipilih dalam penelitian ini yaitu teori pemberdayaan masyarakat yang di kemukakan oleh Suharto. Teori ini membahas bagaimana sebuah program berjalan sesuai tujuan dengan meliputi adanya sebuah proses pemberdayaan dan mencapai sebuah hasil dari program tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan data-data secara menyeluruh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera di Desa Kedung pengawas, yaitu dengan sebuah program yang sudah tersusun dengan baik dan sistematis sesuai dengan aspek-aspek dalam program. Proses pemberdayaan yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu persiapan, pengkajian, perencanaan, perumusan rencana aksi, pelaksanaan program, evaluasi, dan terminasi sehingga tahapan ini berjalan dengan baik. Hasil yang diperoleh dari Program Keluarga Harapan memberikan nilai efektivitas, kecukupan bagi penerima manfaat, jumlah bantuan secara merata, adanya respon positif serta tepat sasaran bagi penerimanya. Jadi, Desa Kedung Pengawas dalam mengimplementasikan pemberdayaan melalui Program Keluarga Harapan sudah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Program Keluarga Harapan; Pra Sejahtera;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Process
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sofwatun Nida
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:21
Last Modified: 08 Jul 2022 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52732

Actions (login required)

View Item View Item