Bimbingan Islam untuk menumbuhkan kepercayaan diri penyandang disabilitas Netra Postnatal : Penelitian pada Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia di Desa Caracas Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan

Fitriyani, Putri Dhiyaul (2022) Bimbingan Islam untuk menumbuhkan kepercayaan diri penyandang disabilitas Netra Postnatal : Penelitian pada Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia di Desa Caracas Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Disabilitas netra adalah sebutan bagi orang yang tidak mampu melihat. Menurut faktor penyebabnya dibagi menjadi dua, yaitu disabilitas netra prenatal atau biasa disebut kecacatan sejak lahir dan postnatal atau biasa disebut kecacatan setelah lahir. Penyandang disabilitas netra postnatal kesulitan untuk menerima dirinya dengan keterbatasan. Ini terjadi karena, pada disabilitas setelah lahir mereka sempat merasakan hidup normal, tak mudah bagi mereka beradaptasi dengan kondisi seperti itu. Hal ini menyebabkan kurangnya kepercayaan diri disabilitas netra postnatal dalam menjalani kehidupan. Salah satu hal yang dilakukan untuk melakukan pengembangan diri guna meningkatkan kepercayaan diri bisa dilakukan dengan mengikuti komunitas disabilitas netra, Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia hadir sebagai komunitas yang mewadahi disabilitas netra dengan tujuan untuk mempertebal keimanan, mengembangkan diri dan meningkatkan kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kondisi Kepercayaan diri Disabilitas Netra Postnatal di Ikatan Tunanentra Muslim Indonesia; (2) Untuk mengetahui proses Bimbingan Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri disabilitas netra postnatal di Ikatan Tunanentra Muslim Indonesia; (3) Untuk mengetahui hasil dari Bimbingan Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri disabilitas netra postnatal di Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia. Penelitian ini didasari konsep bimbingan islam sebagai usaha memberikan bantuan secara sistematis baik secara lahiriyah maupun batiniyah kepada seorang individu atau sekelompok orang yang mengalami permasalahan dengan menggunakan pendekatan bimbingan islam yang berlandaskan Alquran dan Hadits. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan) yang terdiri dari observasi, wawancara langsung, wawancara tertulis dan dokumentasi. Hasil dan simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti bimbingan islam di ITMI dengan program yang beragam dan banyaknya rekan disabilitas netra juga dan dibantu untuk bangkit oleh seorang pembimbing, para disabilitas netra postnatal ini mampu melewati masa kelamnya dengan memiliki sifat yang tawakal, qanaah dan mempunyai kepercayaan diri kembali untuk menjalani hidup normal seperti orang pada umumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Disabilitas Netra Postnatal; Kepercayaan Diri
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Putri Dhiyaul Fitriyani
Date Deposited: 08 Jul 2022 01:23
Last Modified: 08 Jul 2022 01:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52717

Actions (login required)

View Item View Item