Pengaruh Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR) dan Price Earning Ratio terhadap harga saham : Studi pada perusahaan sub sektor kosmetik & keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020

Amalia, Ina Nur (2022) Pengaruh Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR) dan Price Earning Ratio terhadap harga saham : Studi pada perusahaan sub sektor kosmetik & keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Dampak perkembangan industri di Indonesia melalui harga saham di pasar modal menjadi pertimbangan investor dalam mengambil keputusan dalam berinvestasi. Kinerja perusahaan yang baik tercermin dari harga saham yang dipengaruhi oleh faktor internal yaitu rasio – rasio keuangan, hal tersebut harus diperhatikan seorang investor sebelum menginvestasikan dana miliknya untuk suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah tedapat pengaruh dan signifikan secara parsial maupun simultan Return On Asset, Debt to Equity Ratio, Current Ratio dan Price Earning Ratio terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor kosmetik & keperluan rumah tangga periode 2016 – 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifiktif dengan pendekatan kuantitatif serta bersumber pada data sekunder, dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 5 perusahaan. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel diantaranya analisis deskriptif, analisis regresi (berganda), analisis uji hipotesis (uji t dan uji F) dan analisis determinasi. Pengolahan data awal ditunjang dengan microsoft excel 2016 kemudian dibantu menggunakan software E-views 12. Estimasi pada regresi data panel, terpilihlah model terbaik untuk digunakan dalam penelitian ini yaitu Fixed Effect Model. Hasil penelitian uji t (parsial) pada analisis regresi data panel menunjukkan bahwa variabel Return On Asset tidak berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham, Current Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham dan Price Earning Ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Sedangkan hasil penelitian uji F (simultan) variabel Return On Asset, Debt to Equity Ratio, Current Ratio dan Price Earning Ratio dapat menjelaskan secara signifikan sebesar 96% terhadap harga saham berdasarkan nilai koefisien determinasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Harga Saham; Return On Asset (ROA); Debt to Equity Ratio (DER); Current Ratio (CR); Price Earning Ratio (PER)
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Systems, School and Theories of Economic
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ina Nur Amalia
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:35
Last Modified: 18 Jul 2022 07:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52628

Actions (login required)

View Item View Item