Layanan konseling individu dengan pendekatan dakwah Fardiyah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswi dalam berbusana muslimah : Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Garut kelas X Bahasa Jalan Guntur Melati nomor 12 Kabupaten Garut

Kusnadi, Aura Siti Aulia (2022) Layanan konseling individu dengan pendekatan dakwah Fardiyah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswi dalam berbusana muslimah : Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Garut kelas X Bahasa Jalan Guntur Melati nomor 12 Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan dengan adanya fenomena berbusana muslim khususnya pada kalangan remaja muslimah. Terdapat remaja muslimah yang belum melaksanakan kewajibannya untuk menutup aurat dengan berbusana muslimah. Konseling individu dengan pendekatkan dakwah fardiyah diharapkan mampu untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam berbusana muslimah pada siswi di Kelas X Bahasa SMA Negeri 6 Garut. Penelitian ini memiliki maksud dan tujuan untuk mengetahui kondisi rasa percaya diri siswi kelas X Bahasa SMA Negeri 6 Garut dalam berbusana muslimah. Kemudian ntuk mengetahui proses dari konseling individu dengan pendekatan dakwah fardiyah untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri pada siswi dalam berbusana muslimah. Serta untuk mengetahui hasil dari proses layanan konseling individu dengan pendekatan dakwah fardiyah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswi dalam berbusana muslimah. Penelitian ini didasari pada teori bahwa konseling individu merupakan suatu proses atau upaya pemberian bantuan dari seorang Guru BK atau konselor kepada seorang siswi atau konseli agar siswi dapat mengatasi permasalahan yang ada pada dirinya, sehingga siswi tersebut dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya dengan baik. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisifan dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa kondisi rasa percaya diri siswi dalam berbusana muslimah masih kurang ditandai dengan adanya perilaku siswi yang belum menggunakna busana muslimah. Proses layanan konseling individu dengan pendekatan dakwah fardiyah dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu tahap awal, tahap kerja, dan tahap akhir. Hasil dari layanan konseling individu dengan pendekatan dakwah fardiyah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswi dalam berbusana muslimah dapat dikatakan efektif, terlihat dengan adanya peningkatan rasa percaya diri siswi dalam berbusana muslimah. Siswi tampil lebih percaya diri dengan berbusana muslimah baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Dakwah Fardiyah; Percaya Diri; Busana Muslimah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Aura Siti Aulia Kusnadi
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:27
Last Modified: 07 Jul 2022 01:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52617

Actions (login required)

View Item View Item