Bimbingan agama Islam untuk membentuk kejujuran anak usia 6-12 tahun : Penelitian di MDT Syahida Jl Cibiruhilir no 03-04 RT 01 RW 01 Desa Cibiruhilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Yusuf, Hasbuloh (2022) Bimbingan agama Islam untuk membentuk kejujuran anak usia 6-12 tahun : Penelitian di MDT Syahida Jl Cibiruhilir no 03-04 RT 01 RW 01 Desa Cibiruhilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu pentingnya menanamkan sikap jujur dimulai sejak anak-anak, kejujuran merupakan sikap mulia yang harus selalu ada pada setiap manusia. Pada anak-anak, kejujuran menjadi bekal penting guna untuk kehidupan dimasa dewasa dan masa tua. Bimbingsn agama islam untuk membentuk kejujuranpada anak menjadi jalan yang efektif untuk dilakukan mengingat anak-anak atau masa kanak-kanak dalam momen terbaik dalam menanamkan sikap dan karakter. Hal ini sejalan yang dilakukan oleh pengajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah Syahida yang menerapkan bimbingan agama islam sebagai salah satu upaya untuk membentuk kejujuran anmak usia 6-12 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kejujuran anak-anak Madrasah Diniyah Takmiliyah Syahida, proses dan hasil yang dicapai dalam bimbingan agama islam untuk membentuk kejujuran anak usia 6-12 tahun penelitian yang dilakukan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Syahida Cibiru Hilir. Penelitian ini didasari oleh konsep bahwa bimbingan agama islam ialah suatu proses yang sifatnya terarah, dan berkelanjutan dengan tujuan agar individu mampu meningkatkan potensi yang ada pada dirinya khususnya yang berhubungan dengan agama dan nilai-nilai terkandung didalamnya salah satunya dalam membentuk kejujuran anak. Metode serta teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik berupa pengumpulan data observasi, wawancara dan wawancara tertulis. Langkah-langkah dalam penelitian ini dilakukan dengan pemilihan lokasi penelitian terlebih dahulu, menentukan paradigma dan pendekatan, menentukan metode penelitian, memilih jenis serta sumber data, mengumpulkan data serta dianalisis dengan cara reduksi data, menyajikan data dan yang terakhir kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan agama islam untuk membentuk kejujuran pada anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Syahida dinilai sukses dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut di akibatkan oleh perencanaan dan pelaksanaan proses bimbingan yang matang dan sangat baik. Hal-hal yang diterapkan pada anak ialah berkaitan dengan motivasi dan pendidikan kejujuran yang memiliki nilai agama islam yang baik dan benar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil skor yang tinggi pada wawancara tertulis yang dilakukan terhadap anak Madrasah Diniyah Takmiliyah Syahida terkait dengan tingkat kejujuran anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Kejujuran; Anak Usia 6-12 Tahun
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Hasbuloh Yusuf
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:45
Last Modified: 07 Jul 2022 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52570

Actions (login required)

View Item View Item