Pengaruh teknik self management berbasis konseling Islami terhadap peningkatan minat belajar siswa : Penelitian pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Cineam Tasikmalaya

Salsabila, Sarah (2022) Pengaruh teknik self management berbasis konseling Islami terhadap peningkatan minat belajar siswa : Penelitian pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Cineam Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki minat belajar rendah, padahal minat belajar merupakan hal yang sangat penting untuk menumbuhkan keterlibatan siswa dalam aktivitas belajar, dan minat belajar juga merupakan modal untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Jika individu sudah memiliki minat, maka ia akan menyadari bahwa apa yang dilakukannya harus dilakukan atas kesadaran dari diri sendiri tanpa paksaan dari orang lain. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan konseling teknik self management berbasis konseling islami, mengetahui kondisi minat belajar siswa di SMPN 1 Cineam dan untuk mengetahui pengaruh teknik self management berbasis konseling islami terhadap peningkatan minat belajar siswa di SMPN 1 Cineam. Penelitian ini berdasarkan pada teori self management dari Sukadji, bahwa self management adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk mengarahkan dan memperoleh perubahan tingkah laku yang baru. Konseling Islami menurut Tohari Musnamar adalah usaha memberikan bantuan yang dilakukan oleh konselor kepada konseli agar konseli bisa menyadari kembali akan keberadaannya sebagai makhluk Allah SWT. Minat menurut Slameto adalah perhatian, rasa suka, rasa ketertarikan, dan kecenderungan individu kepada suatu hal, aktivitas atau kegiatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis eksperimen one shot case study. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur, observasi, dan penyebaran kuisioner. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Cineam yang berjumlah 222 siswa. Jumlah sampel nya adalah 22 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji normalitas dan untuk menjawab rumusan hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan program software SPSS versi 24. Hasil dari penelitian ini adalah konseling teknik self management berbasis konseling islami berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa. Hal ini mengacu kepada hasil uji regresi linier sederhana didapatkan nilai sig = 0,000 yang artinya jika nilai sig < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Pengaruh konseling islam dengan teknik self management adalah sebesar 73,9 %, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Artinya, semakin besar konseling islam dengan teknik self management dilakukan, maka semakin besar pula peningkatan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teknik Self Management; Konseling Islami; Minat Belajar Siswa
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sarah Salsabila
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:31
Last Modified: 07 Jul 2022 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52562

Actions (login required)

View Item View Item