Pengembangan portofolio digital sebagai assessment pembelajaran di masa pandemi melalui aplikasi Seesaw pada materi pencemaran lingkungan

Malia, Rika (2022) Pengembangan portofolio digital sebagai assessment pembelajaran di masa pandemi melalui aplikasi Seesaw pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Asesmen portofolio membutuhkan banyak waktu untuk mengakses dan menilai portofolio yang digunakan selama ini, membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup atau membutuhkan lahan yang luas. Hal ini menyebabkan portofolio dibuat dalam bentuk online atau digital yang akan membuat siswa mudah dalam mengumpulkan karya-karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-portofolio, menganalisis kelayakan serta mendeskripsikan respon siswa mengenai e-portofolio melalui aplikasi seesaw. Metode penelitian yang digunakan yaitu RnD dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar validasi, angket respon guru dan siswa. Validasi media dilakukan oleh dua dosen pendidikan biologi. Hasil penelitian menunjukkan e-portofolio yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan mendapatkan respon positif dari siswa. Hasil validasi media mendapat presentase 90,8% (Sangat Valid), ahli asesmen 92% (Sangat Valid), respon guru 92,5 % (Sangat Baik), respon siswa 87,4% (Sangat Baik). Hal ini menyatakan bahwa portofolio digital melalui aplikasi seesaw layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan mendapatkan respon yang positif dari guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Portofolio Digital; Assessment Pembelajaran; Aplikasi Seesaw; Materi Pencemaran Lingkungan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rika Malia
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:38
Last Modified: 07 Jul 2022 04:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52545

Actions (login required)

View Item View Item