Bimbingan agama Islam untuk mengurangi dampak negatif kecanduan Gadget pada remaja : Penelitian di MTs Negeri 2 Kota Bandung

Niken, Anissa (2022) Bimbingan agama Islam untuk mengurangi dampak negatif kecanduan Gadget pada remaja : Penelitian di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi bisa mengubah perilaku pada keagamaan para remaja, karena seseorang yang berlebihan dalam penggunaan gadget akan berdampak negatif seperti kurangnya konsentrasi dalam ibadah maupun belajarnya, dan kurangnya interaksi bersama orang lain, dengan adanya gadget didalam kehidupan bisa dikatakan sangat berpotensi mengancam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak negatif kecanduan gadget pada remaja di MTs Negeri 2 Kota Bandung, proses bimbingan agama Islam untuk mengurangi dampak negatif kecanduan gadget pada remaja di MTs Negeri 2 Kota Bandung, dan hasil yang dicapai dari bimbingan agama Islam untuk mengurangi dampak negatif kecanduan gadget pada remaja di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada teori Bimbingan Agama Islam menurut Anwar Sutoyo, Bimbingan Agama Islam adalah adalah upaya membantu individu mengembangkan fitrah dengan cara memberdayakan iman, akal, dan kemampuan untuk mempelajari tuntutan Allah dan Rasulnya (Sutoyo, 2007:24). Maka dari teori ini, berhubungan dengan upaya bimbingan agama Islam bisa membantu individu yang membutuhkan bimbingan kearah yang bermanfaat, dan mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, serta hasil observasi dan wawancara kemudian didokumentasikan berupa catatan verbatim. Kemudian analisis data memfokuskan pada hal-hal yang penting yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bimbingan Agama Islam membantu remaja untuk mengurangi dampak negatif sehingga remaja tersebut bisa fokus dengan pelajaran tanpa memikirkan gadget, tidak lupa waktu, dan bisa menjalankan ibadah dengan semestinya. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya bimbingan agama Islam memberikan bantuan kepada remaja untuk mengurangi dampak negatif dari kecanduan gadget, kemudian bisa mengikuti kegiatan keagamaan yang ada di sekolah, serta menjadi lebih rajin dalam beribadah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Dampak Negatif Kecanduan Gadget; Remaja.
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Anissa Niken Noraya
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:53
Last Modified: 07 Jul 2022 03:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52542

Actions (login required)

View Item View Item