Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 tentang akuntansi zakat dan infak/sedekah pada Badan Amil Zakat Nasional kota Sukabumi

Alfarabi, Gabriel Ibrahim (2022) Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 tentang akuntansi zakat dan infak/sedekah pada Badan Amil Zakat Nasional kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

PSAK 109 merupakan pedoman bagi lembaga pengelola zakat untuk melakukan proses akuntansinya. Adanya PSAK 109 ini diharapkan dapat tercapai keseragaman pelaporan sehingga masyarakat dapat membaca laporan keuangan pertanggung jawaban lembaga pengelola zakat dan mengawasi pengelolaannya. Namun dari banyaknya lembaga pengelola yang ada di Indonesia, masih ada lembaga pengelola zakat yang belum menerapkan PSAK 109 sebagai pedoman akuntansinya. Pentingnya penerapan PSAK 109 tentang Akuntansi zakat, infak/sedekah pada BAZNAS Kota Sukabumi adalah agar lembaga tersebut dapat melakukan proses akuntansi sesuai dengan kaidah dan aturan yang baik dan melakukan penyusunan laporan keuangan yang bermanfaat dan memudahkan dalam pemberian informasi keuangan bagi pihak-pihak yang membutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan akuntansi zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Sukabumi serta untuk menganalisa apakah penerapan akuntansi zakat BAZNAS Kota Sukabumi sudah sesuai dengan PSAK 109. Metode penulisan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan BAZNAS Kota Sukabumi telah menerapkan PSAK 109 dalam proses akuntansi keuangannya, baik untuk pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapannya. BAZNAS Kota Sukabumi membuat empat laporan keuangan meliputi laporan posisi keuangan, laporan penggunaan dana, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. BAZNAS Kota Sukabumi tidak membuat laporan perubahan aset kelolaan karena belum menerima penerimaan zakat dan infak/sedekah berupa aset nonkas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSAK 109; Akuntansi Zakat dan Infaq/Sedekah; Baznas Kota Sukabumi
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Gabriel Ibrahim Alfarabi
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:14
Last Modified: 06 Jul 2022 07:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52536

Actions (login required)

View Item View Item