Bimbingan Al-Qur'an dengan metode Tadarus untuk meningkatkan Akhlakul Karimah siswa Tsanawiyah: Studi kasus di MTs.S Yasta, Cihanjuang, Sumedang.

Latipah, Ilma Nurma (2022) Bimbingan Al-Qur'an dengan metode Tadarus untuk meningkatkan Akhlakul Karimah siswa Tsanawiyah: Studi kasus di MTs.S Yasta, Cihanjuang, Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yakni terjadinya kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan realitas yang ada, yaitu berdasarkan penelitian aktivitas siswa mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an relatif baik namun disisi lain akhlak siswa di sekolah sebagian masih menunjukkan akhlak yang kurang baik, seperti masuk sekolah tidak tepat waktu, tidak mengerjakan PR, mengabaikan teguran guru, dan lain sebagainya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana latar belakang program bimbingan Al-Qur'an dengan metode tadarus, proses pelaksanaan bimbingan Al-Qur'an dengan metode tadarus, dan hasil dari bimbingan Al-Qur'an dengan metode tadarus untuk meningkatkan akhlakul karimah pada siswa MTs.S Yasta, Cihanjuang, Sumedang. Penelitian ini didasari oleh konsep bahwa bimbingan Al-Qur’an metode tadarus merupakan cara yang tepat untuk diterapkan disekolah dalam kegiatan tadarus Al-Qur’an untuk meningkatkan akhlakul karimah pada siswa. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai strategi pengumpulan data. Berdasarkan hasil kegiatan bimbingan tadarus Al-Qur’an yang dilakukan untuk meningkatkan akhlakul karimah siswa menunjukkan bahwa bimbingan metode tadarus berhasil diterapkan kepada siswa. Selain siswa dapat menghafal Al-Qur'an dan membacanya dalam hal harakat, saktah (tempat berhenti), makhraj, dan pengakuan signifikansinya, siswa juga sedikit demi sedikit mulai memperbaiki akhlaknya yang awalnya masuk sekolah tidak tepat waktu, tidak mengerjakan PR, mengabaikan teguran guru, sekang menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Al-Qur’an; Metode Tadarus; Akhlakul Karimah.
Subjects: Ethics, Moral Philosophy > General Publications of Etics
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilma Nurma Latipah
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:45
Last Modified: 06 Jul 2022 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52533

Actions (login required)

View Item View Item