Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Ace Hardware Indonesia Tbk periode 2012-2021

Wardhani, Resty Faulia (2022) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Ace Hardware Indonesia Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membahas mengenai Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) terhadap Harga Saham pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. Periode 2012-2021. Earning per Share (EPS) merupakan rasio yang menggambarkan seberapa besar keuntungan (return) yang didapat oleh para pemegang saham per lembar sahamnya. Sedangkan Dividend Per Share (DPS) merupakan gambaran untuk mempublikasikan seberapa banyak dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham. Dan Harga Saham diartikan sebagai Harga pasar yang merupakan harga penutupnya (closing price). Jadi harga pasar inilah yang menyatakan naik turunnya suatu saham. Penelitian ini bertejuan untuk mengatahui 1) Pengaruh Earning Per Share (EPS) secara parsial terhadapa Harga Saham; 2) Pengaruh Dividend Per Share (DPS) secara parsial terhadap Harga Saham; 3) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) secara simultan terhadap Harga Saham pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. Teori yang digunakan dalam penelitian ini digambar dalam kerangka bepikir yang menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang saling berpengaruh dari setiap variabelnya antara Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) terhadap Harga Saham. Apabila Earning Per Share (EPS) mengalami kenaikan maka Harga Saham pun akan mengalami kenaikan begitupun sebaliknya, dan juga jika Dividend Per Share (DPS) mengalami kenaikan maka Harga Saham pun akan mengalami kenaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode analisis deksriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for Windows versi 25. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder time series dari Annual Report yang telat dipublikasi oleh PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. Periode 2012-2021. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil uji analisis koefisien determinasi pengaruh Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh positif terhadap Harga Saham sebsar 59,12%, Dividend Per Share (DPS) pun secara parsial berpengaruh positif terhadap Harga Saham sebesar 52%. Sedangkan pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) secara simultan terhadap Harga Saham berpengaruh positif sebesar 62,8%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 37,2% yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share; Dividend Per Share; Harga Saham
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Dictionaries and Encyclopedia of Economic
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Resty Faulia Wardhani
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:25
Last Modified: 07 Jul 2022 00:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52532

Actions (login required)

View Item View Item