Pengaruh pengelolaan penghimpunan dana zakat profesi terhadap optimalisasi penyaluran dana zakat pada fakir miskin : Studi survey Baznas Kabupaten Brebes

Muslikhun, Ahmad (2022) Pengaruh pengelolaan penghimpunan dana zakat profesi terhadap optimalisasi penyaluran dana zakat pada fakir miskin : Studi survey Baznas Kabupaten Brebes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Zakat profesi merupakan jenis zakat yang baru dalam rumpun zakat mal, zakat profesi baru buming di Indonesia pada ahir tahun 1999 dan awal tahun 2000 an setelah buku karya dari Syeikh Yusuf Al-Qardhawi yang berjudul Fiqh Az-zakah, di terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia. Setelah informasi mengenai zakat profesi tersebar banyak lembaga pengelola zakat yang mulai menerapkannya. Dalam penerapannya maka para lembaga pengelola zakat perlu menyusun manajerial yang cocok. Perolehan zakat profesi pada ASN di Kabupaten Brebes masih jauh dari yang semestinya didapatkan, dan pada kegiatan penyaluran lebih mengutamakan pemberdayaan fakir miskin, hal ini sesuai dengan misi Baznas Kabupaten Brebes salah satunya adalah memuzakikan mustahik. Upaya yang dilakukan salah satunya memberdayakan fakir miskin dengan berbagai pelatihan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap optimalisasi penyaluran dana zakat pada fakir miskin di Baznas Kabupaten Brebes. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori dari G.R Terry tentang fungsi manajemen, yaitu planning, organizing, actuating, controlling. Menurutnya manajemen dipandang sebagai kesatuan yang logis, yang jika ungkap dan dihubungkan dalam istilah kuantitatif dengan suatu metodologi yang diterima maka menghasilkan jawaban atas persoalan manajerial yang didefinisikan secara hati hati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan hasil penelitian sesuai dengan data yang diperoleh. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi. Adapun penentuan hipotesis penelitiannya menggunakan analisis korelasi pearson product moment untuk mengetahui tingkat hubungan efektivitas antar variabel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat penerapan sistem pengelolaan penghimpunan dana zakat tergolong dalam kategori baik, Sedangkan penyaluran dana zakat tergolong dalam kategori baik. Hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengelolaan penghimpunan dana zakat terhadap optimalisasi penyaluran dana zakat pada fakir miskin di Kabupaten Brebes dengan jawaban mayoritas responden sebanyak 77% menjawab sesuai pada pernyataan yang diajukan dan pada uji regresi linear sederhana nilai Fhitung 0,355.035 lebih besar nilai Ftabel sebesar 1,987, serta memperoleh nilai signifikansi pada uji korelasi product moment sebesar 0,000 < dari 0,05 yang artinya kedua variabel memiliki hubungan dan nilai pearson sebesar 0,885 yang berada pada interval 0,80-1,000 dalam kategori tingkat pengaruh sangat kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Zakat; Profesi; Fakir; Miskin
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Management Housekeeping
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ahmad Muslikhun
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:52
Last Modified: 06 Jul 2022 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52526

Actions (login required)

View Item View Item