Layanan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi studi lanjut pada santri : Penelitian di MA Persis 106 Al-Falaah Kopo

Amin, Guruh Almuslihun (2022) Layanan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi studi lanjut pada santri : Penelitian di MA Persis 106 Al-Falaah Kopo. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Guruh Almuslihun Amin : Layanan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Motivasi Studi Lanjut Pada Santri (Penelitian di MA Persis 106 Al-Falaah Kopo Desa Kopo Kecamatan Kutawaringin K abupaten Bandung) Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan motivasi studi lanjut sebagai upaya dalam mengembangkan potensi terutama lulusan dari SMA/MA atau sederajat lainnya karena banyak sekali penerus bangsa yang tidak melanjutkan studi lanjut ke perguruan tinggi karena kurang dan bahwa tidak ada motivasi dari dirinya, orang tua bahkan sekolah tempat dirinya mencari ilmu. Maka bimbingan karir menjadi salah satu upaya dalam memberikan arahan serta motivasi santri agar dirinya mengetahui potensi, setiap kendala belajarnya yang nantinya bisa memberikan dampak para santri ingin melanjutkan studi lanjutnya. Tujuan penelitian ini diantaranya yaitu 1) untuk mengetahui pelaksanaan program layanan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi studi lanjut pada santri, 2) untuk mengetahui proses layanan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi studi lanjut pada santri dan 3) untuk mengetahui hasil layanan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi studi lanjut pada santri. Penelitian ini didasari bahwa konsep bimbingan karir adalah membimbing serta mengarahkan potensi santri sehingga motivasi bisa terbentuk yang didalamnya terdapat program dan proses yang bisa melandasi santri agar dapat termotivasi untuk melanjutkan studi lanjut dan ditambah dengan teori motivasi menurut Masllow mengenai 5 kebutuhan yang dapat membentuk motivasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptip dengan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi serta melakukan wawancara tertulis dengan siswa kelas X, XI dan XII MA Persis 106 Al-Falaah Kopo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi studi lanjut pada santri terdiri dari 3 program yaitu bimbingan karir, sosialisasi PTN/PTS dan lomba keterampilan. Prosesnya terdiri dari 3 yaitu tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Hasil dari penelitian ini mendapatkan data motivasi studi lanjut yang variatif dengan beberapa alasan yang diukur menggunakan teori kebutuhan Abraham Maslow dengan ukuran cukup kuat, kuat dan sangat kuat. Penelitian ini yang bersumber dari asatidz dan para santri kelas X, XI dan XII.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir; Motivasi; Studi Lanjut; Santri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Guruh Almuslihun Amin
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:36
Last Modified: 06 Jul 2022 06:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52514

Actions (login required)

View Item View Item