Peran Mujahadah terhadap kecerdasan spiritual : Studi kasus kepada santri kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Shighor Kec. Pangenan Kab. Cirebon

Almumbaits, Qurrotul Aini (2022) Peran Mujahadah terhadap kecerdasan spiritual : Studi kasus kepada santri kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Shighor Kec. Pangenan Kab. Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Dalam rentang waktu dan sejarah yang panjang, manusia telah sangat mengagungkan kemampuan otak dan daya nalar (IQ). Kemampuan berpikir dianggap sangat baik, bahkan diklaim sebagai "yang mulia". Akibatnya, potensi manusia lainnya dianggap inferior dan bahkan terpinggirkan. Pola pikir dan perspektif seperti itu telah melahirkan manusia terdidik dengan otak yang cerdas, tetapi sikap, perilaku, dan gaya hidupnya sangat kontras dengan kemampuan intelektualnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan kecerdasan spiritual santri kelas XII Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Al-Shighor sebelum dan sesudah mengetahui mujahadah serta untuk mengetahui peran mujahadah terhadap kecerdasan spiritual santri kelas XII Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Al-Shighor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yakni penelini memaparkan dan mendeskripsikan hasil penelitian yang dikumpulkan dan diperoleh melalui data yang berupa gambar, kata, dan bukan angka. Sedangkan dalam mengumpulkan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dari para informan yang terdiri dari alumni (yang sekarang menjadi pendidik disana), pengurus Pondok Pesantren Al-Shighor, dan santri kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Shighor. Mujahadah menjadi salah satu kegiatan di Pondok Pesantren Al-Shighor yang dilakukan seminggu sekali pada hari kamis malam jum’at yang dilakukan setelah sholat maghrib hingga menjelang sholat isya yang bertujuan untuk mempertajam spiritualitas santri-santri dan juga sebagai wadah bagi santri-santri untuk bersungguh-sungguh dalam berdo’a kepada Allah SWT sebagaimana penjelasan dari Ustadz Lutfi sebagai alumni dan tenaga pendidik di Pondok Pesantren Al-Shighor. Hasil penelitian ini ditemukan bahwasannya sebagaimana yang sudah dilaksanakan kepada santriwan dan santriwati kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Shighor, sebagian besar santri mengalami perubahan yang baik pada dirinya sebagaimana yang sudah peneliti wawancara dan observasi mereka sudah merasakan kehadiran Allah SWT, maksudnya mereka sudah bisa merasakan bahwa Allah SWT senantiasa mengawasi apa yang mereka kerjakan di dunia, sehingga perilakunya terkontrol dengan sendirinya, mereka juga sudah lebih dekat dengan-Nya, dengan sudahnya mereka merasakan kehadiran Allah SWT, mereka menjadi semakin dekat dalam artian selalu mengingat Allah SWT, selain itu mereka juga mempunyai tujuan dalam hidupnya sehingga hidupnya dapat terarah dengan baik, mereka juga senantiasa berdzikir dan berdo’a yang mereka harap dan cita-citakan, kemudian mereka pun cenderung pada kebaikan termasuk mempunyai rasa sabar di dalam hatinya. Dan yang terakhir mereke sangat suka bahkan bahagia dapat mengabdi kepada Abuya Bisyri dan Ibu Daroh (kyai dan nyai di Pondok Pesantren Al-Shighor).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mujahadah; Kecerdasan Spiritual; Santri Kelas XII MA Al-Shighor; Pondok Pesantren Al-Shighor;
Subjects: Islam
Islam > Sufism
Islam > Sufi Theology
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Qurrotul Aini Almumbaits
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:57
Last Modified: 06 Jul 2022 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52492

Actions (login required)

View Item View Item