Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. periode 2011-2021

Firdaus, Muhammad Luky (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perusahaan baru yang masuk dalam lingkup bisnis yang membuat kondisi perekonomian saat ini menjadi lebih kompetitif. Tolak ukur keberhasilan sebuah perusahaan yaitu dilihat dari perolehan laba atau profitabilitas yang tinggi, laba dapat dilihat dalam Return On Equity. Faktor yang mempengaruhi Return On Equity yaitu Current Ratio Dan Total Assets Turnover, karena rasio tersebut di gunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajibannya dan kemampuan efesiensi penjualan dari total asset perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial pengaruh Current Ratio terhadap Return On Equity pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk, untuk mengetahui secara parsial pengaruh Total Assets Turnover terhadap Return On Equity pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk, dan pengaruh secara simultan Current Ratio dan Total Assets Turnover terhadap Return On Equity pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori yang menyatakan bahwa apabila nilai Current Ratio meningkat maka nilai Return On Equity akan meningkat dan sebaliknya apabila nilai Current Ratio menurun maka nilai Return On Equity akan menurun dan apabila nilai Total Assets Turnover meningkat maka nilai Return On Equity akan mengalami peningkatan, begitupun sebaliknya apabila nilai Total Assets Turnover menurun maka nilai Return On Equity pun akan mengalami penurunan. Metode yang digunakan dari penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder (time series) yang diambil dari laporan keuangan tahunan PT. Ace Hardware Indonesia Tbk periode 2011-2021. Penelitian ini menggunakan beberapa analisis data diantaranya yaitu analisi uji asumsi klasik, analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 25.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa Current Ratio secara parsial tidak terdapat pengaruh terhadap Return On Equity dengan thitung > -ttabel (-1,183 > -2,262). Total Assets Turnover secara parsial terdapat perngaruh terhadap Return On Equity dengan thitung > ttabel (6,552 > 2,262). Kemudian secara simultan terdapat pengaruh antara Current Ratio dan Total Assets Turnover terhadap Return On Equity dengan thitung > ttabel (21,650 > 4,459) dan Kd diperoleh 84,4%, sisanya sebesar 15,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Total Assets Turnover (TATO); Return On Equity (ROE)
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Luky Firdaus
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:05
Last Modified: 06 Jul 2022 02:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52451

Actions (login required)

View Item View Item