Manajemen Pembiayaan Madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Yapisa Cireundeu Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak

Marliawati, Reni (2014) Manajemen Pembiayaan Madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Yapisa Cireundeu Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Terpadu Yapisa merupakan lembaga pendidikan berstatus swasta. Sekolah ini didirikan sebagai solusi untuk peningkatan kualitas pendidikan dan sebagai alternative bagi yang memiliki kemauan serta semangat yang tinggi untuk belajar dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi namun terkendala oleh jarak dan ekonomi. Penyelenggaraan pendidikan MTs Terpadu Yapisa secara gratis ini merupakan suatu kebijakan kepala sekolah yang luar biasa, karena pada dasarnya pembiayaan merupakan faktor yang sangat penting dalam menyelenggarakan proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah MTs Terpadu Yapisa, mengetahui konsep dan pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan yang meliputi budgeting, accounting dan auditing. Selain itu untuk mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat serta hasil yang telah dicapai dari pelaksanaan manajemen pembiayaan madrasahdi MTs Terpadu Yapisa. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pentingnya peranan dana/pembiayaan dalam keberlangsungan dan pengembangan lembaga-lembaga pendidikan islam. Disinilah pentingnya manajemen pembiayaan madrasah dalam mengatur dana/biaya sehingga lembaga-lembaga pendidikan islam bisa meningkatkan kualitasnya baik dalam pengembangan fasilitas maupun kualitas sumber daya manusianya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dan dengan tekhnik observasi partisipasi, wawancara dan menyalin dokumentasi yang berkaitan dengan kegiatan manajemen pembiayaan madrasah. Kemudian dilakukan analisis data , penafsiran data, dan uji keabsahan data. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, kajian kasus negatif, uraian rinci dan auditing oleh dosen pembimbing dan oleh pihak lembaga MTs Terpadu Yapisa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa latar belakang didirikannya MTs Terpadu Yapisa yaitu untuk memberikan layanan pendidikan tingkat menengah pertama yang berasaskan islam dan meningkatkan pengetahuan anak-anak dilingkungan Kp Cireundeu. Konsep manajemen pembiayaan madrasah pada MTs Terpadu Yapisa pada intinya melakukan perencanaan dengan menyusun RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah). Dalam pelaksanaan dilakukan penyeimbang antara Anggaran Belanja Sekolah (ABS) dengan Anggaran Pendapatan Sekolah (APS) dan mengantisipasi minimnya dana dengan langkah skala prioritas dan program wirausaha. Faktor yang menjadi penghambat adalah sering terlambatnya dana dari pemerintah. Adapun hasil dari pelaksanaan manajemen pembiayaan madrasah di MTs Terpadu Yapisa adalah meningkatnya mutu pembelajaran secara efektif, meningkatnya kinerja guru, dan tercapainya tujuan satuan pendidikan secara efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Financial Economics, Finance
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ade Ahmad Ramdani
Date Deposited: 11 Jan 2018 09:03
Last Modified: 11 Jan 2018 09:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5244

Actions (login required)

View Item View Item