Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Open Position (NOP) terhadap Net Income Margin (NIM) pada PT. Bank Muamalat periode 2011-2020

Arofah, Nada Zain (2022) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Open Position (NOP) terhadap Net Income Margin (NIM) pada PT. Bank Muamalat periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan bank syariah sebagai lembaga intermediasi, dimana bank syariah menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat untuk mendapat keuntungan. Salah satu tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan adalah dengan mengukur kemampuan dalam meghasilkan laba pada kegiatan operasionalnya. Hal tersebut dapat diukur dengan rasio Net Income Margin (NIM). Hal-hal yang mempengaruhi Net Income Margin (NIM) diantaranya adalah Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Income Margin (NIM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Income Margin (NIM), untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Net Open Position (NOP) terhadap Net Income Margin (NIM), dan untuk mengetahui seberapa besar penagruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Open Position (NOP) terhadap Net Income Margin (NIM) pada PT. Bank Muamalat periode 2011-2020. Kerangka berfikir dalam penelitian ini yaitu merupakan alur untuk mengetahui hubungan yang dimiliki oleh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Open Position (NOP) terhadap Net Income Margin (NIM) yang memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan kedua variabel bebas terhadap variabel terikat. Metode penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berbentuk laporan keuangan yang dipublikasikan oleh PT. Bank Muamalat periode 2011-2020. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji asumsi klasik dan analisis uji asosiatif. Berdasarkan hasil penelitian Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh positif signifikan terhadap Net Income Margin (NIM) secara parsial dengan menunjukkan hasil thitung 3.497 > 2.306 ttabel yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian Net Open Position (NOP) tidak berpengaruh terhadap Net Income Margin (NIM) secara parsial dengan menunjukkan hasil thitung 1.840 < 2.306 ttabel yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil penelitian Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Open Position (NOP) berpengaruh positif signifikan terhadap Net Income Margin (NIM) secara simultan dengan menunjukkan hasil fhitung 6.891 > 4.737 ftabel yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR); Net Open Position (NOP); Net Income Margin (NIM)
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nada Zain Arofah
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:25
Last Modified: 05 Jul 2022 02:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52366

Actions (login required)

View Item View Item