Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turn Over (TATO) terhadap Operating Profit Margin (OPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Studi PT. Unilever Indonesia Tbk Periode 2011 - 2020

Kusuma, Laras Mutiara (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Assets Turn Over (TATO) terhadap Operating Profit Margin (OPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Studi PT. Unilever Indonesia Tbk Periode 2011 - 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Operating Profit Margin merupakan hasil dari membagi jumlah laba operasional dengan penjualan bersih. Untuk mengoptimalkan laba dari aktivitas usaha maka memerlukan analisis laba rugi operasional agar pihak manajemen memiliki ilustrasi saat mengoprasikan strategi memperoleh keuntungan atau laba maksimal. Karena bertambah tinggi OPM artinya bertambah tinggi juga laba operasional didapatkan dari penjualan bersih perusahaan. Penelitian tersebut dilakukan dengan tujuan: 1) Guna memahami dan menganalisa pengaruh dari Current Ratio secara parsial terhadap Operating Profit Margin pada PT. Unilever Indonesia Tbk. 2) Guna memahami dan menganalisa pengaruh Total Assets Turn Oversecara parsial terhadap Operating Profit Margin (OPM) pada PT. Unilever Indonesia Tbk. 3) Guna memahami dan menganalisa pengaruh dari Current Ratio dan Total Assets Turn Over secara simultan terhadap Operating Profit Margin PT. Unilever Indonesia Tbk. Penelitian tersebut juga mengacu pada teori yang mengatakan perusahaan yang menciptakan laba dari seluruh kegiatan serta sumber daya yang tersedia, seperti penjualan, kas, modal, total anak perusahaan, kegiatan investasi, dan lain sebagainya. Lalu penelitian disini menetapkan metode deskriptif bersama pendekatan kuantitatif. Jenis data yang dipakai pun merupakan data sekunder dimana berasal dari laporan keuangan telah diterbitkan dapat terlihat di website resmi perusahaan yakni PT. Unilever Indonesia Tbk periode 2011 – 2020. Berdasarkan laporan keuangan yang tertera adanya kekeliruan data dalam beberapa periode. Oleh karenaa itu menarik peneliti guna meneliti lebih lanjut. Jenis analisis data yang dipakai pun seperti uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi pearson product moment (sederhana dan berganda), analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f), serta memakai aplikasi software SPSS versi 24.0. Hasil hitungan menunjukkan ternyata secara parsial Current Ratio berpengaruh positif signifikan terhadap Operating Profit Margin dengan nilai koefisien determinasi sebesar 48,1% serta sisanya 51,9% dipengaruhi factor lain. Sedangkan untuk Total Assets Turn Over secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan bersama nilai koefisien determinasi 16,3% lebihnya 83,7% dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian secara simultan didapati pengaruh yang positif dengan nilai koefisien determinasi 53,6% dan 46,4% pengaruh asal faktor lain yang tak dikaji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Total Assets Turn Over (TATO); Operating Profit Margin (OPM)
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Laras Mutiara Kusuma
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:05
Last Modified: 05 Jul 2022 02:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52336

Actions (login required)

View Item View Item