Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT.Bank Muamalat Indonesia, Tbk Periode 2011- 2020

Nuraeni, Nabila Siti (2022) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT.Bank Muamalat Indonesia, Tbk Periode 2011- 2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa ketidaksesuaian antara teori dengan data yang ditemukan. Teori mengatakan bahwa apabila nilai Financing to Deposit Ratio pada lembaga keuangan meningkat maka bank berhasil menyalurkan pembiayaan kepada masyarakat dengan baik dan keuntungan yang didapatkan akan lebih tinggi, namun risiko pun akan lebih tinggi. Untuk itu bank membutuhkan cadangan dana Capital Adequacy Ratio untuk menutup risiko kerugian tersebut sehingga nilai Net Profit Margin menjadi semakin baik. Sedangkan pada peneltian ini ditemukan beberapa nilai Financing to Deposit Ratio dan Capital Adequacy Ratio yang tidak berpengaruh atau berkebalikan dengan nilai Net Profit Margin. Maka Dari itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh Financing To Deposit Ratio terhadap Net Profit Margin secara parsial, berapa besar pengaruh Capital Adequacy Ratio terhadap Net Profit Margin secara parsial, serta berapa besar pengaruh Financing To Deposit Ratio dan Capital Adequacy Ratio terhadap Net Profit Margin secara simultan. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah semakin tinggi Net Profit Margin menunjukkan semakin efektif bank dalam penempatan aktiva produktif dalam bentuk penyaluran pembiayaan (FDR). Semakin tinggi Capital Adequacy Ratio akan sangat baik karena bank mampu menanggung risiko yang timbul. Adanya modal yang cukup yang disediakan oleh pemilik sehingga semuanya itu akan berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantatif. Teknik pengembilan data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan dari website resmi PT.Bank Muamalat Indonesia, Tbk. www.bankmuamalat.co.id. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif, uji asumsi klasik, regresi sederhana, korelasi Person Product Moment, regresi berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi serta uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan 1) secara parsial FDR berpengaruh positif signifikan terhadap Net Profit Margin dengan hasil Uji t > t Tabel (3.497 > 2.306) , maka Ha diterima dan H0 ditolak serta nilai R2 = 60.5%, 2) secara parsial CAR tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Net Profit Margin dengan hasil pengujian Thitung dan Ttabel (-0.891 > -2.306 ), maka H0 diterima dan Ha ditolak serta R2 = 9%, 3) sedangkan secara simultan Financing To Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif signifikan terhadap Net Profit Margin dengan Fhitung > Ftabel (5.668 > 4.737 ) maka Ha diterima dan H0 ditolak, serta nilai R Square 61.8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Financing To Deposit Ratio; Capital Adequacy Ratio; Net Profit Margin
Subjects: Financial Economics, Finance > Capital
Financial Economics, Finance > Banks
Financial Economics, Finance > Credit
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nabila Siti Nuraeni
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:29
Last Modified: 05 Jul 2022 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52333

Actions (login required)

View Item View Item