Hubungan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu: Penelitian korelasi di MIN Bandung Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung

Nailan, Akhmaliah Siti (2022) Hubungan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu: Penelitian korelasi di MIN Bandung Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas tidak jarang masih dijumpai guru yang kurang menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi, pembuatan RPP yang mengambil dari internet, sehingga hal tersebut membuat pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa serta dapat mengakibatkan siswa memiliki motivasi belajar yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) kompetensi pedagogik guru di kelas IV MIN Bandung dalam pembelajaran tematik terpadu; 2) motivasi belajar siswa di kelas IV MIN Bandung dalam pembelajaran tematik terpadu dan; 3) hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV MIN Bandung. Penelitian ini didasari dengan asumsi bahwasanya salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa di kelas yaitu usaha guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya. Dimana usaha guru dalam memberikan pembelajaran tersebut berhubungan dengan kompetensi guru. Indikator dari kompetensi pedagogik guru meliputi kecakapan-kecakapan guru dalam manajemen kelas, mempelajari peserta didik, merancang pembelajaran, pembelajaran yang mendidik dan dialogis, menggunakan teknologi, evaluasi pembelajaran, dan mengembangkan potensi peserta didik. Adapun indikator dari motivasi belajar yaitu tekad dan hasrat untuk sukses, kemauan dalam belajar, tujuan dan harapan untuk masa mendatang, pemberian reward, pembelajaran menyenangkan, serta kondisi belajar yang stabil dan positif. Hipotesis dari penelitiannya yaitu ada atau tidak adanya hubungan positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV MIN Bandung. Metode yang digunakan berupa metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 75 orang siswa kelas IV MIN Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yang dimana diawali uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, dan menghitung nilai koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV MIN Bandung berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 65,33% dan besarnya rata-rata yaitu 57,49; 2) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV MIN Bandung berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 41,34% dan besarnya rata-rata yaitu 70,35; 3) hubungan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV MIN Bandung diperoleh hasil sebesar 0,630 yang berada pada kategori tinggi. Dengan kompetensi pedagogik guru memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 40%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru; Motivasi Belajar Siswa; Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akmaliah Siti Nailan
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:31
Last Modified: 19 Jul 2022 01:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52324

Actions (login required)

View Item View Item