Tanggapan siswa terhadap kompetensi Pedagogik guru Hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Sukabumi tahun ajaran 2021/2022

Shidqi, Muhammad Fikri (2022) Tanggapan siswa terhadap kompetensi Pedagogik guru Hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Sukabumi tahun ajaran 2021/2022. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah masalah di SMAN 2 Sukabumi yaitu mengenai kompetensi pedagogik guru PAI dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan studi pendahuluan kompetensi guru PAI di SMAN 2 Sukabumi sudah tergolong baik, hal ini terlihat dari kompetensi guru PAI yang sudah memumpuni untuk menjadi guru profesional. Dan dibuktikan dengan keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaranya. Namun, Sebagian besar motivasi belajar siswa kurang disebabkan siswa masih suka mengobrol dikelas saat guru menerangkan, keluar masuk kelas saat pembelajaran berlangsung, serta konsentrasi belajar siswapun tidak bertahan lama saat mengikuti pelajaran PAI. Maka menimbulkan tanda tanya besar bagi peneliti. Hal tersebut apakah adanya hubungan antara kompetensi pedagogik guru yang dimiliki oleh guru PAI dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan dari penelian ini ialah agar mengetahui 1) kompetensi pedagogik guru berdasarkan tanggapan siswa, 2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di kelas XI MIPA SMAN 2 Sukabumi. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritik, bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kompetensi pedagogik guru PAI. Maka demikian hipotesis yang diajukan ialah semakin baik tanggapa siswa positif terhadap kompetensi pedagogik guru, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa saat mengikuti pembelajaran PAI, dan begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya ialah angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dengan analisis data yang menggunakan pendekatan statistika yaitu: analisis parsial,uji normalitas data, dan uji korelasi, sampel penelitian 65 siswa kelas XI SMAN 2 Sukabumi. Maka hasil penelitian dapat diketahui (1) tanggapan siswa terhadap kompetensi pedagogik guru variabel (X) berkategori tinggi dengan angka 3,9 yang berada pada rentang (3,51 -4,50); (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI variabel (Y) termasuk kategori tinggi dengan angka 3,7 yang berada pada rentang (3,51-4,50); (3) hubungan kedua variabel tersebut sebesar 0,23, sedangkan derajat pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) sebesar 3%. Dengan demikian masih ada 97% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Education > Miscellany of Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Diplomas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fikri Shidqi
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:49
Last Modified: 05 Jul 2022 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52310

Actions (login required)

View Item View Item