Pengembangan kurikulum untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab di Institut Umum Quro Al Islami (UIQI) Bogor dan Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor

Abdullah, Uwoh (2022) Pengembangan kurikulum untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab di Institut Umum Quro Al Islami (UIQI) Bogor dan Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstraks.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Kurikulum PT merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan yang dituangkan dalam capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kondisi pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab, 2) desain pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab, 3) implementasi pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab, 4) efektivitas pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab, dan 5) keberhasilan pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab di Institut Ummul Quro Al- Islami (IUQI) dan Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan rancangan penelitian meliputi: studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian hasil (validasi). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi, dengan sumber data diperoleh dari pakar kurikulum, pakar praktisi lapangan, dan mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif eksperimen melalui desain one grup pretest-posttest antara kelompok eksperimen (menggunakan modul) dengan kelompok kontrol (tanpa modul). Hasil penelitian adalah: 1) Kondisi pengembangan kurikulum di kedua PT tersebut ditinjau dari 2 aspek, yakni: kemampuan dosen, pengelolaan pembelajaran bahasa arab, minat mahasiswa, sarana, fasilitas dan lingkungan; 2) Desain kurikulum yang dikembangkan meliputi tujuan pembelajaran bahasa Arab, materi, teknik pembelajaran dan evaluasi untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Arab; 3) Implementasi pengembangan kurikulum di kedua PT tersebut diimplementasikan melalui uji coba terbatas dan uji coba luas, tingkat keterterapan buku ajar dan menghasilkan desain final; 4) Efektivitas pengembangan kurikulum di kedua PT tersebut setelah diimplementasikannya kurikulum bahasa Arab yang dikembangkan dapat diidentifikasi bahwa kurikulum bahasa Arab yang digunakan ini lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab mahasiswa jika dibandingkan dengan kurikulum bahasa Arab yang belum dikembangkan; 5) Keberhasilan pengembangan kurikulum di kedua PT tersebut diperoleh dari hasil pengembangan kurikulum berupa modul untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Arab yaitu: modul memiliki substansi isi yang lengkap dan fleksibelitas dalam desainnya; memberikan dukungan terhadap tugas dosen terutama mempermudah dosen dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: kurikulum; pendidikan bahasa arab
Subjects: Arabic
Education
Curricula
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:59
Last Modified: 04 Jul 2022 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52295

Actions (login required)

View Item View Item