Layanan konseling mediasi untuk menanggulangi perceraian di KUA Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor : Studi deskriptif di KUA Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor

Fitri, Feni Nurul (2022) Layanan konseling mediasi untuk menanggulangi perceraian di KUA Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor : Studi deskriptif di KUA Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Angka perceraian di Indonesia terbilang cukup tinggi, bahkan saat ini telah mencapai angka tertinggi di Kawasan Asia. Banyaknya perceraian tidak hanya terjadi pada kalangan artis saja, akan tetapi sudah merambah pada masyarakat luas. Permasalahan yang terjadi antara suami dan istri yang diakibatkan oleh perceraian, menjadi sebuah perjalanan hidup sebuah keluarga tersebut. Apalagi adanya muncul tren baru dikalangan masyarakat yang dikenal dengan istilah cerai-gugat, dan sebagian besar kasus perceraian didominasi oleh perkara cerai-gugat. Khususnya di kota Bogor, Kasus perceraian di Kota Bogor masih cukup tinggi mencapai 1.747 pengajuan sepanjang tahun 2019. Pengadilan Agama Bogor Kelas 1A mencatat 1.353 istri mengajukan gugatan cerai dari suaminya atau cerai di kota Bogor. Sementara itu, sebanyak 393 suami mengajukan gugatan cerai atau cerai cerai. Tujuan dari penelitian ini, yaitu : (1) mengetahui program layanan konseling mediasi untuk menanggulangi perceraian di KUA Bogor Selatan ; (2) mengetahui proses pelaksanaan layanan konseling mediasi untuk menanggulangi perceraian di KUA Bogor Selatan ; (3) mengetahui hasil layanan konseling mediasi dalam menangggulangi perceraian di KUA Bogor Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu layanan konseling mediasi. Layanan konseling mediasi merupakan layanan yang bersifat membantu klien dalam menyelesaikan permasalahan ataupun perselisihan dan membantu memperbaiki hubungan antar klien dengan dibantu konselor atau mediator sebagai pihak ketiga. layanan konseling mediasi bertujuan agar tercapainya hubungan yang bersifat positif dan kondusif di antara para klien atau pihak-pihak yang bertikai atau bermusuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu memberikan gambaran secara sistematis factual, aktual mengenai layanan konseling mediasi untuk menanggulangi perceraian di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Adapun teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara langsung, wawancara tertulis dan dokumentasi. Konseling mediasi di KUA Kecamatan Bogor Selatan dengan pihak ketiga melalui prosesnya yaitu, peserta yang telah terdaftar di panggil oleh meditor dibicarakan langkah terbaik untuk keduanya sehingga angka perceraian menjadi teratasi. Dengan demikian, layanan konseling mediasi untuk menanggulangi perceraian dapat mengatasi tingginya angka perceraian, karena dengan adanya layanan konseling mediasi tentunya sangat membantu pasangan suami istri sehingga tidak terjadinya perceraian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Mediasi;Perceraian
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perceraian Menurut Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Feni Nurul Fitri
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:44
Last Modified: 04 Jul 2022 07:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52273

Actions (login required)

View Item View Item