Dinamika dakwah di media instagram: Analisis isi materi dakwah dalam akun instagram @ngaji_kgi tentang Keadilan Gender Islam

Mubarokah, Gina Tartila (2020) Dinamika dakwah di media instagram: Analisis isi materi dakwah dalam akun instagram @ngaji_kgi tentang Keadilan Gender Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan dakwah sebagai salah satu proses komunikasi untuk menyampaikan suatu pesan kepada masyarakat. Kemudian, ketidakadilan gender menimbulkan masalah-masalah sosial yang nyata adanya. Kerugian itu berlaku bagi kedua gender, terutama perempuan dalam kondisi yang terkungkung dalam budaya patriarki ini. Allah Swt mengutus Rasululah SAW untuk mengajarkan ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan tidak mungkin mendukung ketidakadilan. Ajaran Islam mengandung pesan aqidah, syariah, dan akhlak dengan perspektif keadilan gender Islam menggunakan media yang tepat adalah salah satu usaha penting untuk membangun umat yang adil gender. Dengan Instagram, @ngaji_kgi melakukan usaha-usaha dakwah yang membangun perspektif keadilan gender Islam yang kini belum umum dilakukan. Karena itu yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kategorisasi pesan dakwah pada akun Instagram @ngaji_kgi dan pesan dakwah apa yang paling dominan dalam akun Instagram @ngaji_kgi ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi. Dalam penelitian ini pesan dakwah terbagi dalam tiga kategori yakni pesan aqidah, pesan syariah, dan pesan akhlak yang terdapat dalam akun Instagram @ngaji_kgi. Analisis isi dapat didefinisikan dengan metode penelitian untuk membahas suatu isi secara mendalam secara sistematik, objektif, dan kuantitatif pada pesan yang nampak. Melalui pengumpulan data untuk menyiapkan pengkodingan kemudian penghitungan hasil coding dan terakhir melakukan interpretasi data dengan dasar teori yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan data pesan dakwah yang paling dominan dalam akun Instagram @ngaji_kgi yaitu pesan akhlak dengan presentase 41,6%. Selanjutnya diikuti pesan aqidah dengan hasil presentase 33,3%. Terakhir pesan syariah dengan hasil presentase 25%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi; Pesan Dakwah; Keadilan Gender Islam
Subjects: Use of Other Information Media > Reading and Use of Other Information Media by Young People
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications
Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Gina Tartila Mubarokah
Date Deposited: 01 Jul 2022 01:20
Last Modified: 01 Jul 2022 01:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52197

Actions (login required)

View Item View Item