Bimbingan melalui sentra Imtaq untuk meningkatkan kemandirian pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak AL-Mustaqim Pasirjambu

Kurnia, Fajar (2022) Bimbingan melalui sentra Imtaq untuk meningkatkan kemandirian pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak AL-Mustaqim Pasirjambu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan kemandirian anak sehingga berpengaruh pada perkembangan anak dalam melakukan aktivitas individu dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan kemandirian dengan melakukan bimbingan melalui sentrra imtaq di Taman Kanak-kanak Al-Mustaqim Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program, proses, hasil pada kegiatan bimbingan melalui sentra imtaq untuk meningkatkan kemampuan kemandirian anak di Taman Kanak-kanak Al-Mustaqim Pasirjambu. Pada penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan melalui sentra imtaq merupakan proses bantuan yang bertujuan untuk membimbing anak lewat permainan, agar dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan lewat cara main dan tidak bosan salah satunya masalah kemandirian, bimbingan melalui sentra imtaq ini didalamnya menggunakan metode dan materi yang berdasarkan Al-Quran dan Hadist sehingga dapat menciptakan kemandirian yang baik dalam diri anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Yaitu memberikan gambaran secara sistematis, actual, factual mengenai bimbingan melalui sentra imtaq untuk meningkatkan kemandirian pada anak usia dini. Adapun teknik yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan pencatatan atau dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan melalui sentra imtaq mampu meningkatkan kemandirian anak terbukti dengan adanya perubahan secara bertahap pada seluruh anak yang mengikuti kegiatan bimbingan melalui sentra imtaq di Taman Kanak-kanak Al-Mustaqim. Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat di ambil kesimpulan bimbingan melalui sentra imtaq untuk meningkatkan kemandirian ini sangat berperan terhadap keberlangsungan hidup anak usia dini kedepannya saat anak tumbuh menjadi orang dewasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Melalui Sentra Imtak; imtaq; kemandirian; Anak Usia Dini
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Human Physiology > Child Development
Indoor Game and Amusements
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fajar Kurnia
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:02
Last Modified: 01 Jul 2022 02:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52196

Actions (login required)

View Item View Item