Bimbingan Islam untuk meningkatkan kesehatan mental anak didik Lapas : Penelitian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tanjung Pati, Kab. 50 Kota, Sumatera Barat

Yulanda, Fadya (2022) Bimbingan Islam untuk meningkatkan kesehatan mental anak didik Lapas : Penelitian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tanjung Pati, Kab. 50 Kota, Sumatera Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1-.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy

Abstract

Narapidana anak bukanlah anak yang harus dihukum melainkan anak yang harus dibina serta dibimbing agar menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya serta sadar atas kesalahan yang telah mereka perbuat. Maka dari itu bimbingan Islam diberikan sebagai suatu proses pemberian dukungan yang terfokus, konsisten, dan sistematis kepada individu atau orang kecil dan kelompok, termasuk nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad untuk lebih memupuk kemampuan atau karakter keagamaan mereka. Tujuan dari penelitian ini, yaitu : (1) Mengetahui kondisi kesehatan mental anak didik lapas; (2) Mengetahui bimbingan Islam di LPKA Kelas II Tanjung Pati, Kab. 50 Kota, Sumatera Barat; (3) Mengetahui hasil bimbingan Islam untuk meningkatkan kesehatan mental anak didik lapas. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan Islam merupakan usaha pemberian bantuan secara terus menerus dan sistematis kepada individu atau kelompok orang yang sedang mengalami kesulitan atau masalah dalam menjalani kehidupannya dengan menggunakan pendekatan bimbingan Islam berlandaskan al Qur'an dan hadis. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif yaitu menggambarkan secara sistematis aktual aktual, faktual mengenai bimbingan Islam untuk meningkatkan kesehatan mental anak didik lapas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tanjung Pati Sumatera Barat. Adapun teknik pengumpulan data yg digunakan yaitu observasi, wawancara langsung wawancara tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi kesehatan mental anak didik lapas di LPKA setelah diberikan bimbingan Islam yaitu adanya peningkatan kesehatan mental yang jauh lebih baik; (2) Bimbingan Islam di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tanjung Pati adalah bimbingan shalat, bimbingan tilawah dan bimbingan akhlak; (3) Bimbingan Islam sangat mempengaruhi kesehatan mental dan kepribadian anak didik lapas, bimbingan yang terarah dengan melakukan pendekatan yang tepat membuat anak didik lapas memahami apa yang diberikan oleh pembimbing / ustadz / konselor / pegawai. Bimbingan Islam membuat anak didik lapas lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan kesehatan mental mereka meningkat lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Kesehatan Mental; Anak-Anak.
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Diseases
Diseases > Mental Disorders
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fadya Yulanda
Date Deposited: 01 Jul 2022 00:48
Last Modified: 01 Jul 2022 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52187

Actions (login required)

View Item View Item