Sanksi tindak pidana pembegalan dalam pasal 365 KUHP tinjauan hukum pidana Islam: Analisis putusan No. 260/Pid.B/2016/PN Kla Lampung Selatan

Andiko, Romanda Fitra (2022) Sanksi tindak pidana pembegalan dalam pasal 365 KUHP tinjauan hukum pidana Islam: Analisis putusan No. 260/Pid.B/2016/PN Kla Lampung Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_BAB 1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Pembegalan atau hirabah merupakan salah satu perbuatan mengambil harta (merampok) dengan membunuh, atau menakut-nakuti, dengan cara kekerasan. Peraturan terkait perampokan hakikatnya telah ditetapkan dalam Pasal 365 KUHP dan dalam hukum pidana islam yang bersumber pada Al-Qur’an Surah al-Mâ’idah (5) ayat 33. Berdarsarkan keputusan hakim dalam putusan No. 260/Pid.B/2016/PN. Kla pelaku dijatuhi hukuman 3 tahun penjara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis; (1) pertimbangan majelis hakim terhadap sanksi pelaku tindak pidana pembegalan, (2) tinjauan hukum pidana islam, (3) relevansi hukum pidana islam dan pasal 365 KUHP terhadap sanksi pelaku pembegalan dalam putusan nomor 260/PId.B/2016/PN.Kla. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembegalan termasuk ke dalam perbuatan jarimah yang dikategorikan sebagai perbuatan merugikan orang lain. Hukuman yang dijatuhkan terhadap pelaku pembegalan dalam hukum pidana islam adalah hukuman ta’zir. Teori yang digunakan dalam menjatuhkan hukuman yaitu dengan menggunakan teori pemidanaan yakni, teori abslolut yang berarti pembalasan dan teori relatif yang berarti tujuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriftif kualitatif dengan menggunakan sumber data sekunder. Teknik pengumupulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah; (1) pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman tindak pidana pembegalan dalam putusan nomor 260/Pid.B/2016/PN Kla yaitu penjara selama 3 tahun sesuai Pasal 365 KUHP ayat 2. (2) Sedangkan dalam pertimbangan hukum pidana islam pelaku telah melakukan perbuatan yang mengandung unsur jarimah yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Ma’idah ayat 33. (3) Menurut relevansi keduanya pelaku dikenakan hukuman ta’zir yaitu hukuman penjara atau diasingkan. Namun dalam penjatuhan hukuman di Indonesia dinilai lebih ringan dibandingkan hukum pidana islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana Islam; Sanksi; Pembegalan; Pasal 365
Subjects: Criminal Law
Criminal Law > Crimes
Criminal Law > Criminals
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Romanda Fitra Andiko
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:41
Last Modified: 01 Jul 2022 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52146

Actions (login required)

View Item View Item